Jumat, 02 Oktober 2020

Kutbah Jum'at

Tiba-tiba  HP ku berdering tanda panggilan masuk,  "Assalamualaikum,  mas nanti ada jadwal kotib apa tidak?, kalau tidak minta tolong nanti ngisi kutbah di Masjidku, kotib yang bertugas hari ini sakit ." Telpon dari adikku yang memiliki  tugas tambahan takmir  masjid Al Muttaqin.

"Waalaikumsalam,  iya insyaallah  bisa" jawabku singkat.

Masjid ini dulu mushola kecil yang berdiri sekitar tahun 1983, dibangun atas dasar  gotong rorong warga. Di mushola ini  saya belajar  mengaji, "alif bak tak". Bukunya  disebut "turutan". Orang seusia saya  ke atas  kebanyakan  tahu  metode ini. Tapi  anak muda sekarang pasti  tidak tahu. Pembelajaran ngaji sekarang menggunakan  metode  iqro' yang di gagas Ustad As'ad Humam dari Jogjakarta sekitar tahun  1990.

Tahun 1989 saya selesai kuliah, sambil menunggu  datangnya SK dan penempatan  kerja, saya gunakan untuk  mengajar  ngaji anak anak kecil,  mulai dari TK hingga  SMP. Tapi kebanyakan anak seusia SD. Saat  itu  tudak ada kegiatan  belajar mengajar ngaji Al Qur'an. Maka saya adakan kembali, muridnya hanya  sedikit,  hanya 5 orang. Lima orang ini saya tèkuni  setiap  hari saya ajar selepas maghrib hingga  isak. Kemudian  habis ngaji  saya beri  materi  cerita  setiap malam Jum'at. Makin lama muridnya bertambah banyak  hingga  ada dua puluhan. Demikian juga jamah  sholat 5 waktu juga bertambah  banyak. Kalau  bulan  Ramadhan  jumlah jamaah  tarowih sampai  30 sd 40 an jamaah, sampai tidak muat musholanya. 

Tahun  1994 saya menikah ,  saya pindah mengikuti  istri di desa Klagen,  sebuah desa kecil perbatasan  antara  ujung timur Magetan  dengan Kabupaten Madiun. 

Tugas saya digantikan  oleh yang lain. 
Lama lama jamaahnya berkurang dan yang ngaji  Al Qur'an  juga semakin sedikit.
Sampai  pada akhirnya  yang bertugas  adik  saya,  lama-lama  kesadaran beragama  masyarakat  bertambah  baik,  kegiatan ngaji  juga berjalan  lancar.  Akhirnya  sampai  pada keputusan  untuk  merehab  mushola menjadi  masjid. 
Adik saya yang disepakati sebagai ketua panitia  pembangunan  masjid. Alhamdulillah  berkat ridho Allah  berdatangan orang orang  yang menitipkan sebagian hartanya  untuk  membangun masjid.  Ada yang membantu  dalam bentuk  uang maupun barang material seperti semen, keramik, beras sampai pada sayur  mayur.

Masyarakat  desa  Combang, Pojoksari dimana  saya dilahirkan,  memiliki  karakter  gotong royong yang kuat, dan rela berkorban  untuk kepentingan  bersama.  Kalau  membangun  untuk  kepentingan  bersama  standarnya,   "paling baik se-Indonesia", pinjam istilahnya  pak Edy , senior  saya di MKKS  Kab. Magetan.  

Akhirnya  masjid  impian bersama  masyarakat ini  terwujud, sekarang  ini terbaik  se-Pojoksari,  menurut pengamatan  saya. 

Kegiatan  masjid  berkembang,  mengadakan  pengajian Ahad pagi, yang dihadiri  ratusan jamaah,  menghadirkan  kyai, ustadz dari daerah lain.  Yang saya kagum,  kebersamaan  masyarakat  juga berubah,  pak tani yang biasanya  pagi  pagi sudah berangkat ke sawah,  di hari  ahad Kliwon,  ikut  pengajian  dulu,  setelah selesai  ngaji  jam 07.00 baru pergi ke sawah atau aktivitas  lainya.  Kegiatan  ngaji dimulai jam 06.00 tet, hingga  jam 07.00.

Kegitan ini  mulai berjalan  sejak  Januari  2020. Karena pandemi  covid-19  akhirnya  sejak Maret  2020 kegiatan  ini dihentikan.
Nanti  kalau  masa pandemi  sudah berakhir akan  dilanjutkan  kembali. 

Hari ini, 2 Oktober  2020, saya menggantikan  kutbah  ustadz yang sakit  itu.  Dengan mengambil  judul "cinta Al Qur'an", kutbah di masjid ini  menggunakan  bahasa Jawa kromo  karena semua  jamaahnya  orang desa yang  familiar  dengan bahasa keseharian mereka yaitu  bahasa Jawa.

Tak  ada persiapan  untuk  kutbah ini,  sehingga  saya ambil  judul salah satu  tulisan  saya yang saya muat di blog,  yaitu  cinta Al Qur'an.

Al Qur'an  nanti yang setia menemani  kita  sejak  kita meninggal , ketika  keluarga  mempersiapkan "ngrukti jenazah", dia menjelma menjadi pria tampan  berdiri  di dekat  kepala mayat.  Ketika  akan dikafani  berdiri  antara kain kafan  dan dada,  ketika dalam kubur  menemani  ketika si mayat  ditanya Malaikat  Mungkar Nakir, kemudian si Tampan  mengatakan,  aku adalah bacaan Al Qur'an  yang kau baca kadang kadang dengan suara keras dan kadang kadang dengan suara pelan. Setelah pertanyaan Malaikat Munkar  Nakir,  kau tak akan merasa  sedih,  aku akan menemanimu hingga kau masuk  surga.  Kemudian menghamparkan  tikar permadani dari sutra.
Yang penuh bau minyak  kasturi.  

Kemudian disebutkan  dalam hadis Bukori, "khoirukum  man ta alamal Qur'an na wa 'alamah",  Sebaik-baik  diantara  kamu adalah orang yang mau belajar  Al Qur'an  dan mengamalkannya. 

Oleh karena  itu  "mumpung padang rembulane mumpung jembar  kalangane" mari kita tingkatkan bacaan Al Qur'an  kita,  yang belum bisa  membaca, marilah  kita belajar  membaca Al Qur'an.

Semoga kita semua termasuk  orang yang bila meninggal  nanti,  ditemani  Al Qur'an  hingga kita   masuk  surga.  
Begitu  isi kutbah yang saya  sampaikan hari ini di Masjid Al Muttaqin desa Pojoksari, Kampung pamelo yang dinahkodai Bapak Edy Mulyono ini. 

Katakan aamiin jika ini termasuk doa anda juga .Terima kasih. 

Pojoksari  2 Oktober  2020.



6 komentar:

  1. Allahummarhamna biil Qur'an...
    Aamiin
    Melengkapi istilahnya Bapak Edy..
    *terbaik se- Indonesian Bagian Pojoksari*......
    Demikian bapak..semakin menyemangati kami untuk menulis...

    BalasHapus
  2. Semoga Kita selalu mendapatkan ridho dan hidayah dari Alloh SWT,
    Amin.

    BalasHapus