Sabtu, 28 Agustus 2021

Investasi leher ke atas

Umur  kita terus  bertambah, lama-lama  kita tua. Kalau sudah tua tak lagi bisa  banyak kerja. Oleh karena itu  untuk  anak muda, manfaatkan tenaga , fikiran dan kesempatan  untuk berkarya  di bidang apa saja yang kalian suka. 

Saya terinspirasi  Dr. Johan Yoga,  beliau mengatakan  investasi  yang paling menghasilkan  itu leher ke atas. Maksudnya apa? Kira kira maksud Dr. Johan adalah investasi dibidang pendidikan. Pendidikan benar-benar akan mengubah masa depan menjadi lebih baik. Oleh karena itu sekolah yang baik. 

Tapi ada ironi di masyarakat  sekarang, besuk  anaknya  kalau bekerja ingin gajinya banyak. Tapi ketika sekolah  untuk  beli buku  saja berat. Beli seragam anaknya berat.  Padahal motornya bagus. Nah ini yang harus dipahami bersama.  

Terus  kalau kita mengatakan pendidikan itu penting,  hormatilah guru,  sejahterakan mereka  agar  bisa fokus mendidik dan mencerdaskan anak bangsa.  

Kembali ke topik.  Jangan sampai  kita di usia muda tampak kaya tapi di usia tua menderita. 

Ketika masih muda  mobilnya  Pajero,  Furtoner, harganya Rp. Rp 554,850,000.
Ini mobil paling  enak yang pernah kunaiki.  Jalannya enak seperti berjalan  diatas awan. Bukan mobil saya tapi , hanya numpang milik teman.

Banyak  anak muda sekarang belum punya rumah,  tapi sudah punya mobil. Kalau saya rumah  itu paling penting untuk  bernaung berlindung  dan beristirahat sebuah keluarga.

Kalau mobil itu butuh  biaya operasional  yang makin baik  mobilnya  makin tinggi biaya operasionalnya. 

Menurut  Dr. Johan  sang motivator  ternama, orang kaya itu yang bekerja uangnya.  Terus terang  pemahaman seperti  ini baru saya sadari  saat ini.  Tapi saya sudah melakukannya walaupun kecil.  Karena  saya kurang  berani mengambil resiko usaha   takut  kalau membebani  orang  tua.

Ketika  belum  masa pandemi  saya bisa mendapatkan  tambahan  penghasilan  7 sd. 14 juta sebulan dari usaha sound  system. Kira  kira contoh sederhana  seperti  itu.  
Lebih sederhana  lagi, saya punya uang kemudian saya belikan  jenset  kemudian di sewa orang,  satu bulan  1 juta.  Sambil tidur  saja saya dapat penghasilan  1 juta. 

Tapi sekarang pandemi harus putar otak lebih keras lagi  untuk  menciptakan  pekerjaan. 

Yah, semoga pandemi  segera berlalu  sehingga  mesin  mesin itu  bisa bekerja kembali menghasilkan  uang.

Jadi kesimpulannya adalah, hidup hemat  di usia muda untuk investasi , sehingga bisa kaya di usia tua.  

Selamat  berkarya anak muda.

Magetan, 29 Agustus  2021.



1 komentar: