Minggu, 01 Agustus 2021

Warna dalam nuansa yang berbeda

sumber Ilustrasi: dokumen pribadi

Di tengah masa pandemi  seperti  ini di rumah terus , juga jenuh, mau keluar  rumah PPKM darurat, takut  tertular  virus covid 19. 

Maka apa yang bisa dilakukan,  sepanjang  itu positif  lakukan saja. Senangkan hatimu manjakan dirimu.

Untuk  yang beragama  Islam , membaca  Al Qur'an jadikan itu menu wajib, karena bacaan Al Qur'an  adalah obat bagi semua penyakit   disamping berpahala  besar.  Dan kalau saya meyakini  sebagai menambah imun  disamping  iman  yang pasti.

Menanam bunga,  oo... itu kesukaan istri saya,  segala macam bunga  ada di sini  , mulai  dari yang murah  sampai dengan yang tidak  mahal. 

Haha....., tidak ada yang mahal  bunga  di rumahku,  yang penting  bisa menyejukkan mata  menentramkan hati. Bunga yang paling mahal adalah anggrek  bulan , harganya Rp. 170.000.

Kali ini saya merubah  warna cat rumah saya. Biar  ada nuansa baru,  semangat  baru  dan inspirasi  baru. 

Sudah 16 tahun warna catnya tidak berubah, rasanya  jenuh  banget,  seperti  tidak ada alternatif  lain.  Dan dulu warna dinding di setiap ruangan sama , putih salju.  Ternyata  ini artinya juga baik    sopan dan  santun. 

Sekarang saya balik,  warna disetiap  ruangan berbeda.  Istri  dan anak saya saya libatkan dalam  pemilihan  warna. Silahkan memilih  warna  untuk  kamarnya sendiri-sendiri.  

Mereka senang sekali, bahkan ada yang dikreasi  dengan  paduan warna.  

Ternyata  menyenangkan  juga,  ada semangat baru  dan inspirasi  baru. Tuhan menciptakan  warna  untu  mengindahkan dunia  untuk  dipilih manusia.  

Tapi warna  yang  kami  pilih  warna -warna kalem,  warna pastel,  yang menyejukkan. 
Dari warna -warni  dinding  rumah ini  menginspirasi  bahwa  kehidupan ini  pasti berubah.  Tidak ada yang abadi  dalam hidup  ini. Yang abadi adalah perubahan  itu sendiri. 

Mungkin  sekarang  ini kita dalam kondisi  sulit,  Agama, ekonomi,  pendidikan,  seni budaya   transportasi  dan lain lain,  tapi yakinlah  tak selamanya  ini terjadi. Pasti sebentar lagi  akan ada perubahan. Perubahan  yang lebih baik,  yang memungkinkan kita berkreasi lebih banyak lagi.

Arti warna 
  1. Merah = Gairah, Kegembiraan, & Energi.
  2. Oranye = Segar, Bermuda, Kreatif & Petualang. 
  3. Kuning = Optimistis, Ceria, Menyenangkan dan Bahagia. 
  4. Hijau = Alami, Daya Hidup, Martabat dan Kekayaan.
Wow..., ternyata  warna yang saya pilih mengandung ke empat warna itu.  Saya hanya  mengandalkan  perasaan  dan selera  saja. Tapi ternyata  mengandung makna  yang saya suka.  

Bahwa hidup itu  harus bergairah, harus gembira, harus berenergi   harus semangat. Karena tidak  semua yang kita  alami itu menyenangkan,  kadang menyedihkan,  menjenuhkan dan sebagainya.

Di sisi lain  kita perlu  kesegaran,  kreatif  dan untuk  mencapai  keberhasilan kadang  juga dibutuhkan  petualangan.  Misalnya  pingin  jadi dokter,  harus sekolah di Jakarta, di Palangkaraya  bahkan  mungkin  harus kuliah di luar  negeri.  Kita harus berani berpetualangan  menimba ilmu  di negeri  orang.  Yang penting  dimana  bumi dipijak disitu langit  dijumjung.  

Disamping itu  dalam meraih  mimpi kita harus optimis,  dalam menghadapi hidup ini harus ceria,  perasaan kita harus senang  hati kita bahagia,  dan semangat itu ada di warna kuning.

Saya pikir secara umum  manusia  ingin hidupnya bermartabat,  kaya  dan ada Power kehidupan , itu semua ada di warna hijau. 
Warna ini saya letakkan di ruang mushola.
 Ini  saya artikan martabat tertinggi saya adalah apabila  saya bisa "mendudukkan diri" sebagai hamba. Hambanya  Sang Kholik. Yang menciptakan jagat raya dan seluruh isinya. 

Warna lain bagaimana?
Ada warna coklat  saya letakkan  di sebagian ruang makan. 
Coklat adalah warna netral alami yang bersahaja yang dapat kita temukan di tanah, kayu, dan bebatuan. Warna coklat adalah warna hangat yang merangsang nafsu makan.  Sehingga tepat sekali diletakkan di ruang makan.  Meskipun warna ini kadang-kadang dianggap membosankan. Warna ini juga mewakili ketabahan, kesederhanaan, keramahan, ketergantungan, dan kesehatan.

Warna coklat secara psikologis mengindikasikan stabilitas, keandalan, ketergantungan, dan kemampuan didekati. Ini adalah warna tanah kita, pertumbuhan, kesuburan, dan bumi, dan itu terkait konsep “semua alami” dan “organik.” Coklat adalah warna bumi dan menghibur dan memelihara.
Warna ini saya padukan  dengan kuning,  kok juga menarik.  

Ini sebagian  petualangan ku  dalam memadu  warna,  bukan  maksud  saya pamer,  tapi  hanya berbagi saja apa yang ada di pikiranku , untuk  saya tuliskan  biar  ada jejak  yang bisa diikuti  atau setidaknya  bisa dilihat untuk  mengatasi  jenuhnya  mata memandang  warna pada dunia yang sama.


Magetan , 1 Agustus  2021

Sumber bacaan:
Https://canda.com; 1 Agustus 2021;19.09

9 komentar:

  1. Inspirasi warna biar mata jelas melihat warna sebenarnya

    BalasHapus
  2. Wow terima kasi Nov, sahabatku yang baik hati

    BalasHapus
  3. Ternyata dari warna bisa jd inspirasi menulis. Sukses terus ya, Pak...

    BalasHapus
  4. Wah bagus pak, memang benar kita harus menciptakan perubahan agar tidak membosankan, terimakasih berbagi pengalaman saya sangat suka saya juga barusaja merubah warna cat rumah dr pink mjdi krem , kamar anak saya pasang walpaper sesuai permintaan abak yg msih klas 1 sd jd minta gmbar gambar faforitnya

    BalasHapus
  5. Iya bu Harti, beri kesempatan anak kita untuk berkreasi, tanda ada pertumbuhan dalam mindset nya

    BalasHapus