Rabu, 06 Oktober 2021

Rebo Wekasan di bulan Safar

Saya mendapat WA dari guru saya, Kyai Gunawan sebagai berikut;

Kyai GUN: assalamu'alaikum wr wb.p parno ngaturi pirso bilih mbenjing rebo tgl 6 oktbr meniko acara sholat daf'ul bala' menawi longgar katuran rawuh,kaliyan nyuwun tulung p wito dipun kontak matur nuwun

Suparno Muhammad: Njih Kyai,  ngestoaken  dawuh  jam  pinten Kyai?

Kyai GUN: nggih mangke rawuh jam 11 siang,sholatipun daf'ul bala' bakdo ba'diyah dhuhur

Suparno Muhammad: Njih insyaallah  Kyai 🙏🙏🙏🙏

Kyai Gun sudah sepuh, tapi memiliki  ingatan  yang  luar biasa,  beliau hafal nama  santri satriya,  demikian juga Bu Nyai Nuning. 

Orang  seperti  saya ini menjadi  tersanjung  dihafal  oleh Kyai.  

Bagaimana  tentang pesantren Tegalrejo  sudah saya ceritakan  pada tulisan  saya sebelumnya. Didirikan  oleh waliyullah  yang bernama  Abdurrohman.  Bagaimana  kisah beliau  juga  pernah saya tuliskan  di tulisan  saya sebelumnya.  

Suatu saat Kyai Gun bercerita  pada saya bahwa  pada suatu hari  ada Kyai besar  datang  ke Tegalrejo.  Beliau dari arah utara, timur  dan selatan.  Maunya  akan berniat  menyalahkan  amalan  Kyai Abdurrohman.  Ke tiga Kyai itu membawa kitab besar. Setelah  didepan  Kyai Abdurrohman,  kitab itu  di buka. Kemudian apa yang terjadi?

Subhanalloh , kitab itu  tidak ada tulisannya  sama sekali, bersih.

Maka timbul  pengakuan  dari ketiga Kyai  itu terhadap  Kyai Abdurrohman.  
Oleh karena itu  jangan suka menyalahkan orang  lain,  kadang ilmu kita belum sampai. 

Saya datang jam 11.45. Para santri  sudah  datang lebih dulu  hingga memenuhi  masjid. 
Rata  rata yang datang  orang orang sederhana, tapi ada juga pejabat  yang datang. Terlihat ada plat merah juga.  

Saya ingat  wejangan Kyai Gun, "awak dewe niki  elek, bodo, dosane akeh, apes". Artinya  hanya  Dzat  penciptalah  yang sempurna.  Oleh karena itu jangan sombong. Karena sombong itu  selendang Allah.  Siapa yang merebutnya akan  dilempar  ke neraka. 

Kembali  pada  Rebo wekasan,  diawali  dengan  sholat  sunah  ko'bliyah dhuhur,  sholat  dhuhur,  ba'da dhuhur, baru sholat  daf'ul  balak. Kemudian ada acara selamatan dan tauziah dari Kyai Ridho.

Kata Kyai Ridho,  di Rebo wekasan wulan Safar  itu Allah  menurunkan  300.000 balak.  
Oleh  karena  itu  kita berdoa  semoga  dijauhkan  dari  semua balak penyakit dan musibah.

Saya diberikan amalan khusus  oleh  Bu Nyai,  yang tidak bisa saya ceritakan di sini karena  hanya khusus  santri  Tegalrejo yang  boleh  tahu. 

Demikian catatan saya di Rebo wekasan  ini  semoga kita semua dijauhkan dari segala macam balak, penyakit  dan musibah.  "Semoga  Indonesia  baldatun  thoyyibatun  warobun ghofur,  gemah ripah  loh jinawi  tata  tentrem  kerto  raharjo,  murah sandang pangan  seger kewarasan."

Magetan, 7 Oktober  2021



1 komentar: