Jumat, 15 Oktober 2021

Krisis energi , jangan samapai terjadi

Anak saya kemarin mencari bahan bakar solar  dibatasi  hanya 100 ribu. Padahal jadwal pentasnya sudah mulai menggeliat.

Untuk  beli solar  harus menyertakan  nomor  hp. 

Mendengarkan  berita RRI hari ini ternyata  di Eropa ada krisis  gas alam yang tak terbarukan. Saya tidak akan mengurai  detail mengapa bisa terjadi krisis  ini. 

Saya hanya mengajak  kepada generasi milineal  untuk  hemat BBM, atau hemat  juga energi listrik. Bahkan  untuk  menghemat  semuanya  itu  saya pikir positif. 

Lebih baik  kita punya tabungan  dari pada hidup  boros  akhirnya  tabungan menipis.  Lebih  lebih yang belum punya penghasilan  tetap.  

Perilaku hidup  yang tidak mendatangkan sehat pada diri kita  tidak usah dilakukan,  seperti merokok,  minum  minuman  keras dan semacamnya.

Saya tidak merokok  sejak kecil.  Dulu ketika  remaja  pernah  coba coba merokok,  tapi akibatnya  batuk.  Akhirnya  tidak mau coba  coba lagi.

Ada nasihat Waren buffet  orang no 2 terkaya di dunia  saat ini. Bahwa mental kaya  itu ada 5, yaitu;
1. Pantang minta-minta 
2. Selalu berpikir  bisa.
3. Optimis dan gemar belajar. 
4. Belanja sesuai kebutuhan. 
5. Suka menolong orang dan berbagi.  

Lalu kamu mungkin bertanya, saya tidak gemar  belajar,  apakah saya tidak memiliki  mental  kaya. Iya. 

Mungkin  sementara  ini anda masih bisa bertahan,  tapi lama-lama akan hilang,  kecuali  anda ditakdirkan  kaya.  

Tapi jangan lupa juga, kalau Tuhan menakdirkan Anda kaya, biasanya  disertai sifat sifat diantaranya   seperti yang dikatakan Bos Waren Buffet tu. 

Magetan, 17 Oktober  2021

2 komentar: