Rabu, 17 Juni 2020

Semangat menulis

Orang menulis itu berarti ada inisiatif untuk  menuangkan hasil pikiran perasaan emosi dalam dirinya untuk dituliskan berarti banyak ide yang ada pada diri orang itu dan memiliki banyak pemikiran tentang sesuatu orang yang memiliki banyak pemikiran tentang sesuatu berarti dia telah banyak membaca merenungkan an memahami tentang sesuatu itu oleh karena itulah sebagai orang yang ingin maju kita harus memiliki keterampilan kemauan dan semangat menulis

 dihargai atau tidak dihargai orang tidak masalah yang penting menulis menulis dan menulis maka pada suatu saat nanti kita akan terkenal akan menjadi orang yang sukses sukses dalam karir sukses dalam ekonomi dan sukses di dalam meraih masa depan

Profesor Suyanto PHD menuliskan di dalam fb-nya beri seperti berikut;
"Orang-orang yang sukses dalam karirnya selalu bisa menuliskan ide dan gagasannya dengan koheren dan lugas dalam sebuah artikel. Orang yang tidak melatih diri menulis meskipun sudah memiliki gelar akademik tertinggi, Doctor sekalipun, dia  akan terbatas suksesnya dalam mengembangkan karir profesinya jika tidak mau menulis. Mungkin sukses yang tertinggi baginya adalah telah diselesaikannya tingkat pendidikan tertingginya itu, dan selebihnya tidak ada kemajuan dalam  karirnya. Panjenengan semua boleh percaya boleh tidak tetapi sebaiknya percaya hahaha."

Tulisan ini cukup memberi motivasi kepada kita untuk mengembangkan kompetensi kita dalam hal menulis

Menulis tentang apa saja yang berkaitan dengan kemampuan kita yang bermanfaat bagi diri kita bagi orang lain dan bagi masa depan kehidupan

Kemarin pada tanggal 17 Juni 2020 Perpustakaan Nasional yang dikomandani Bapak Doktor Syarif Bando menyelenggarakan seminar tentang literasi yang menjadi Narasumber adalah bapak Dr Anies Baswedan, DR.
Drs. H Suprawoto,SH.MSi. Bupati Magetan,  Bapak Helmy Yahya dan Bapak Syarif Bando sendiri.

Antara lain memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa di masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini dengan memanfaatkan perpustakaan kita bisa mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi diri kita untuk meningkatkan literasi finansial kita maka dampak cofid19 tidak begitu menjadi permasalahan di dalam hidup kita.

Dengan pandemi covid 19 kita bisa mengetahui zoom, bisa mengetahui aplikasi bitly, Google Google Drive, memanfaatkan Google Drive, bisa sharing presentasi PowerPoint lewat Zoom dan sebagainya. Hal itu tidak kita kuasai ketika kita tidak ada pandemi virus Corona padahal teknologi informasi dan komunikasi sudah tersedia sejak dulu.

Yang disampaikan oleh Bapak Bupati Magetan dengan adanya pandemi covid 19 Ini meningkatkan gotong-royong jadi di Kabupaten Magetan ada warung gotong royong yang berjumlah 75, dalam warung ini Siapa saja boleh mengambil dan boleh menaruh barang-barang yang bermanfaat terutama adalah yang berkaitan dengan kebutuhan bahan pokok. 

Bapak Bupati menyampaikan sejak 10 tahun terakhir ini aktif menulis di berbagai media surat kabar antara lain majalah Penyebar Semangat dan koran Jawa Pos yang menulis setiap hari Senin memberikan pembelajaran kepada masyarakat kepada pembaca mengenai berbagai hal tentang informasi yang penting untuk kehidupan an-nissa gini

Nenek moyang kita itu dulu menulis di Batu di dinding-dinding gua Agar suatu saat nanti dibaca oleh orang-orang yang hidup di zaman yang akan datang.

Menulis itu adalah pekerjaan keabadian Jadi kalau nama kita ingin dikenal oleh orang banyak sepanjang masa maka menulislah.

Dari bapak Helmi Yahya menyampaikan bahwa sekarang ini dunia semakin digital di masa pandemi covid 19 ini kita harus mengikuti protokoler kesehatan kita bisa menyelenggarakan webinar tanpa harus bertemu kita bisa merekrut pegawai tanpa bertemu kita bisa bekerja dari rumah dunia sekarang ini betul-betul Queen digital perilaku masyarakat sedikit demi sedikit meninggalkan TV mereka mencari informasi dari gadget mereka informasi tidak saja disampaikan melalui buku tetapi juga melalui dicipta di era milenial sekarang ini kalau mendapatkan informasi tidak usah panjang-panjang mereka kebanyakan bagi mereka Kebanyakan yang penting adalah judulnya dari informasi itu berita di media sosial yang penting adalah judulnya Oleh karena itu kita harus melek digital melek digital adalah suatu keniscayaan artinya sesuatu yang musti kita kuasai tidak boleh tidak sekarang anak muda lebih pintar banyak hal ada di YouTube mulai dari cara bercocok tanam cara beternak ikan cara beternak lele semuanya punya pangsa pasar sendiri-sendiri sehingga ini bisa dikembangkan oleh anak muda untuk meningkatkan literasi finansial nya

Demikian sahabat blogger yang baik hati selamat ber literasi selamat beraktifitas selamat menulis selamat membaca Selamat berkarya untuk kehidupan masa kini dan masa yang akan datang orang yang berhenti belajar adalah pemilik masa lalu orang yang selalu belajar akan menjadi pemilik masa depan Oleh karena itu kita belajar belajar dan belajar semangat belajar.


4 komentar:

  1. Motivasi yg luar biasa 👍👍,trimksh p.Suparno Muhammad

    BalasHapus
  2. terima kasih kembali semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Bapak hebat sekali. Sangat menginspirasi kita semua, saya sangat setuju dengan artikel bapak. Baiklah saya juga ingin mencoba untuk belajar menulis.

    BalasHapus
  4. Îÿäăăăª ◦ˆ⌣ˆ◦ saya tunggu hasil karyamu

    BalasHapus