Selasa, 23 Juni 2020

3 Cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan


Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. 1*

Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian sikap yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. 2*

Salah satu kunci sukses adalah disiplin, sehingga disiplin merupakan satu sikap yang perlu ditanamkan dan dibentuk pada diri anak didik atau siswa kita.

Setiap orang pasti ingin menjadi orang yang sukses, tercapai cita-citanya, hidup mapan, dan serba berkecukupan. Akan tetapi tidak banyak orang yang memiliki kesadaran untuk hidup secara disiplin.

Hal ini dapat kita saksikan ketika kita berkendaraan di jalan raya, masih banyak kita jumpai anak-anak muda yang tidak mengenakan helm, pada hal ini merupakan standar keselamatan berkendaraan bermotor.  Ketika lampu merah juga masih kita jumpai banyak orang yang menerobos, sehingga tidak sedikit yang berakibat kecelakaan lalu lintas.

Belum lagi anak muda yang berkendaraan bermotor dengan kecepatan tinggi, menyalip semaunya saja, tanpa memperhatikan resiko yang bakal dialaminya, sehingga tidak sedikit terjadi kecelakaan hingga merenggut nyawa.

Di masa pandemi covid 19  sekarang ini , yang mana standar protokoler kesehatan harus memakai masker, akan tetapi tidak dihiraukan alias tidak memakai masker.
Dalam pergaulan juga tidak jaga jarak , seperti ini namanya tidak disiplin.
Inilah salah satu hal yang menyebabkan  persebaran virus Corona 19 tidak segera melandai.  Kalau kesadaran disiplin

 masyarakat tidak berubah, maka kita berada dalam ketidakpastian, entah kapan pandemi covid 19 ini berakhir.

Mengapa Selandia baru dan Taiwan berhasil memotong persebaran covid 19 lebih cepat? Karena masyarakat dan pemerintahnya sama-sama tertib 3*. Tertib  itu sama dengan disiplin. Masyarakat disana sudah memahami sampai tingkat dewa, mengenai pentingnya disiplin.

Oleh karena itulah guru memiliki rasa peduli untuk membangun disiplin siswa karena disiplin adalah mata uang yang berlaku di mana saja dan kapan saja.

Ada 3 cara mudah guru dalam memberikan contoh kedisiplinan. 3 cara mudah guru memberi contoh kedisiplinan adalah:

1.  Datang ke kantor tepat waktu
Guru memberikan contoh kepada murid-muridnya kalau datang ke kantor selalu tepat waktu, tidak pernah terlambat tidak pernah izin karena alasan yang tidak masuk akal. Diam-diam anak-anak itu juga mengamati perilaku kita. Mereka dalam proses mencari  tokoh yang diidolakan  untuk ditiru dalam hidupnya. Mereka sedang  mencari jati diri. Maka sangat dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya dan orang-orang yang sering dijumpai sehari-hari dalam hidupnya.


2.  Memakai seragam sesuai dengan aturan an yang berlaku. 
Setiap hari anak-anak pasti melihat cara kita berpakaian. Mulai dari kerapian bajunya, memakai lencana, memakai nama, memakai ID card, hingga sepatu yang dikenakannya.
Maka sebelum guru masuk kantor harus memastikan diri bahwa seragam yang dipakainya sudah betul-betul beres. Sepatu disemir setiap hari, rambut dipotong yang rapi,  dll.

3. Masuk ke kelas pembelajaran tepat waktu.
Ini yang sangat penting diperhatikan oleh guru kita, harus memperlakukan siswa layaknya customer, kalau kita memberikan pelayanan yang baik kepada mereka, maka keberadaan kita akan selalu dicari, akan selalu dibutuhkan, akan selalu dirindukan, yaitu dengan masuk kelas begitu tanda masuk kelas dibunyikan, segera bergegas masuk ke ruang kelas dan segera memulai pembelajaran.

Tunjukkan wajah yang ceria bersemangat. Jangan tampakkan kepada mereka wajah yang capek, sikap malas, dan tidak bersemangat. Tampakkan juga bahwa kita mempersiapkan pembelajaran ini dengan baik, sehingga siswa ini betul-betul yakin bahwa kita menguasai keilmuan yang kita ajarkan. 
Manfaatkan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya dan akhiri pembelajaran begitu tanda selesai dibunyikan.

Demikian sahabat guru blogger yang baik hati, mari kita awali pembelajaran tahun pelajaran 2020-2021 dengan memberikan contoh disiplin kepada murid-murid kita, agar mereka menjadi pribadi yang hebat , yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan pada saat kita semua di usia senja, sebab merekalah tempat berlindung kita di hari tua, sampai akhir menutup mata.

Semoga itu semua menjadi amalan sholeh kita yang Allah akan memberi balasan seperti amalan jariyah yang hingga kapanpun kita meninggal masih mendapatkan pahalanya. Semoga.

Sumber:
1. Https//id.m.wikipedia.org.
2. www.kompasiana.com/kamilawidiarti
3. Jawa Pos 23 Juni 2020.





10 komentar:

  1. Guru memberi contoh pada siswa didiplin, otomatis siswa menirunya

    BalasHapus
  2. terimakasih Om Wilayah Kusumah kehadiran penjenengan menjadi motivasi bagi saya

    BalasHapus
  3. terimakasih untuk yang sudah baca semuanya . penjenengan hebat

    BalasHapus
  4. Sangat betul sekali pak pernyataan bapak . Sumber juga sangat otentik tetapi perlu kita tambahkan yg no 4 adalah kejujuran . kalau kita sudah jujur sangat diyakinkan kerja kita pasti akan kafah

    BalasHapus
  5. jujur hanya dapat diketahui oleh diri kita sendiri dan dzat yang maha Esa Alloh SWT . Jujur adalah kunci kebenaran hakiki dan absolut tanpa politisasi

    BalasHapus