Senin, 25 Mei 2020

Segera kembali kepada ampunan Allah

Segera kembali kepada ampunan Allah


Pada tanggal 24 Mei 2020 umat Islam merayakan salat hari raya Idul Fitri dan melaksanakan perayaan hari raya Idul Fitri di rumah masing-masing.

Hal ini dilakukan karena untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona 19 yang sangat berbahaya bagi masyarakat.

Untuk pelaksanaan salat hari raya Idul Fitri sendiri ada yang melaksanakan di rumah dan ada yang melaksanakan di masjid.

 Sudah barang tentu mengikuti protokoler kesehatan. Para jamaah menggunakan masker , jarak jamaah 1 M materi kutbah hari ini adalah bersegera kembali kepada ampunan Allah sudah.

Satu bulan penuh umat Islam melaksanakan puasa wajib. Tujuan puasa adalah sebagaimana disampaikan dalam firman Allah, "ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam Kama kutiba Alal ladzina minkob'likum la alakum tattaqun".
Yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan kepada kamu sekalian berpuasa seperti yang telah diwajibkan kepada umat sebelum kamu agar kamu sekalian bertaqwa.

Di dalam surat Ali Imron ayat 183 dikatakan, "wasaariu Ila maghfirotim mirrobbikum wajannantinya  ardduhasamawati wama fil ardi wama  iidat Lil Muttaqin ,  alladziina yunfiquuna fisaroi wadhotoi walkadhiminal ghoido wal afi anninas wallahu yuhibbul Muhsinin

Dan segeralah kepada ampunan Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang yang bertakwa.

Siapakah orang yang bertakwa itu ?
Adalah orang yang menginfakkan hartanya baik dimasa lapang maupun di masa sempit dan menahan amarahnya dan memaafkan manusia dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.

Jadi ada tiga ciri-ciri orang yang bertaqwa 1. Berinfak baik pada waktu lapang atau sempit. 2 Menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. 3 Bila berbuat keji segera ingat Allah kemudian segera memohon ampun.

 Apakah balasan bagi orang yang bertaqwa 1. Ampunan dari Tuhan mereka. 2. Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai mereka kekal di dalamnya dan itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.

hasil rapat yang diadakan dengan  moda Zoom Cloud meeting dengan Bapak Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga kabupaten Magetan antara lain yang pertama bahwa kita tidak di izinkan untuk silaturahmi ke orang tua ke pejabat ke tetangga dari rumah ke rumah yang kedua tidak boleh open house baik mulai dari pejabat pemerintah hingga kepala sekolah tidak boleh mengadakan kerumunan,tidak boleh bepergian keluar kota (mudik).

 Kalau sampai bepergian kemudian kena razia oleh tim inspektorat daerah provinsi Jawa Timur maka akan diturunkan pangkatnya  satu tingkat, ini semua dilakukan dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona 19.

Melihat beberapa kejadian terhadap orang yang terkena virus Corona mulai berangkat ke rumah sakit tidak boleh ditemani, ketika di rumah sakit tidak boleh dijenguk, kalau meninggal hanya 4 orang yang akan melaksanakan pemakaman, tidak boleh ada takziah.

Oleh karena itulah maka yang penting kita lakukan adalah 1. Senantiasa memakai masker 2. Jangan bersentuhan dengan orang lain. 3. Sering cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir. 4. Jangan menyentuh hidung mata dan mulut 5. Hindari kerumunan atau keramaian, kalau tidak penting tidak usah keluar rumah. 6. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

Itulah sahabatku yang baik hatinya, beberapa hal yang penting untuk kita lakukan semoga virus corona segerera selesai dan kita diberi keselamatan kesehatan dan perlindungan oleh Allah subhanahu wa ta'ala .
Jangan lupa tetap semangat.


23 komentar:

  1. Materi kutbah luar biasa bagus sekali tdk hanya memotivasi tetapi juga mengingatkan para jamah sholat id agar senantiasa waspada terhadap civid 19. Hebat

    BalasHapus
  2. terima kasih bu siti saya tunggu kehadirannya lagi ya

    BalasHapus
  3. Semoga Allah SWT melindungi kita semua.
    Penamrbams.od

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Mr. Bambang. saya termotivasi Bapak. semangat lagi menulis

      Hapus
  4. Bagus Pak. Mengedukasi masyarakat melalui tulisan. Semangat literasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Mymiracle. masih belajar menulis hehehe. saya tunggu kehadiran. dan kapan saya yang berkunjung

      Hapus
  5. Bencana ini akan membuat panik, bagi yang tidak mau berpikir
    Takut, bagi yang tidak pasrah pada Sang Khaliq
    Hanya merintih dan meratap

    Namun bagi yang mau berpikir,
    Segera memohon perlindungan penuh dengan ikhtiar dan do'a
    Berhusnudzon kepada-Nya
    Mengambil hikmah dari bencana covid ini.

    Pada akhirnya, hidup akan kembali mormal
    Walau dunia terus berproses bersama kecanggihannya
    Namun Sang Pencipta lah yang lebih besar kekuatan-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. <3♏ªτůя:);)ΠůώůΠ<3(y)™ bu Suci saling memotivasi ditengah pandemi c19

      Hapus
  6. Good jobs Mr...Cukup meliterasi masyarakat untuk selalu mengikuti aturan dan tetap hablumminalah dan hablumminannas... Karena hanya Allah lah tempat bergantung dan meminta pertolongan atas pandemi yg terjadi di negara ini khususnya....semoga masyarakat dapat menyikapi kebijakan pemerintah dg bijak untuk keselamatan besama...masyarakat bisa disiplin mengikuti aturan sehingga semua masalah akan berakhir....tetap jaga kesehatan yaa semuanya....thanks.wassalam 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Jeng apresiasinya semoga kita semua diberi sehat selalu

      Hapus
  7. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Anto. آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن. saya tunggu kehadirannya lagi diwakttu yang lain.

      Hapus
  8. mantapp dari sudut pandang vertikal ...semoga kita di dekatkan pada kesadaran diri akan lemahnya kita dan betapa dahsyatnya TUhan kita..

    BalasHapus
  9. terima kasih mas puguh semoga Allah memasukkan kita pada golongan hambanNya yang diampuni ÿäăăăª ◦ˆ⌣ˆ◦.

    BalasHapus
  10. Dengan bencana ini kita sebagai umatnya diingatkan untuk selalu takwalloh, jaga kebersihan , dan makna berkumpul dengan klg.Semoga segera verakhir wabah ini. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya kok sama ya. :D°˚˚°º»(y);)Sïïïρ:DŠïïïρ: ada suparno kembar

      Hapus
  11. Dengan adanya bencana ini, semoga kita senantiasa selalu ingat akan kekuasaan Allah SWT, bersyukur akan nikmat,karunia dan lindungan-Nya, beristiqfar selalu dimana kita sering tanpa sadar melanggar larangan-Nya dan senantiasa memohon pertolongan dari-Nya .. Semoga pandemi ini cepat berlalu dgn kualitas hidup yg semakin baik .. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih saling memotivasi agar badai segera berlalu

      Hapus
  12. Semoga kita terhindar dari wabah covid-19 dan semoga semakin mendekatkan kita kepada Alloh swt.

    BalasHapus
  13. آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن †ђąηk ўσυ ya

    BalasHapus
  14. آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن <3♏ªτůя:);)ΠůώůΠ<3(y)™ hadir nya

    BalasHapus