Senin, 07 Juni 2021

Seperti digigit semut

Saya kemarin  (8 Juni 2021) mendapat  giliran  di vaksin  di Kantor Kemenag pada pukul 08.30 WIB. 

Saya bersama bu Parno tepat pukul  08.00 datang. Jamaah yang hadir sudah banyak saya di antrean 35 dan bu Parno nomor  36.

Begitu  datang kami diberi formulir oleh petugas dan kami isi. Formulir  ini hanya berisi  identitas  diri. Nama, tanggal lahir, NIK, alamat, dan nomor  HP. 

Kemudian dibawahnya  berisi  daftar  pertanyaan  yang nanti  diisi  pada saat wawancara  dengan dokter. 
Antara  lain  tensinya  bagaimana, suhu tubuh,  penyakit  yang pernah  diderita  misalnya,  diabetes,  jantung, alergi  obat  dan lain-lain.  

Alhamdulillah  tensiku baik,  120/80. Sebenarnya  saya memiliki  kecenderungan  tensi tinggi, tapi saya kendalikan  dengan baik,  setiap  hari saya minum amplodibin satu tablet. Kenudian  garam yang dipakai  memasak  adalah  garam lowsosa. Tampaknya  ini efektif  untuk  menurunkan  tensi darah.

Orang  yang tidak memperhatikan tensi darah,  lama-lama  tensinya tinggi dan berakhir  dengan stroke  , ini yang mengkhawatirkan. 

Apasih  vaksinasi itu?
Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Apa Manfaatnya  vaksin?
Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Mengapa saya di vaksin di depag? Karena saya terdaftar  sebagai calon jamah haji yang sedianya  berangkat  tahun ini. Tapi pemerintah  sudah mengumumkan  bahwa tahun ini tidak memberangkatkan  calon jamaah haji.  Semoga pandemi segera  selesai dan  tahun depan kami  bisa berangkat ke tanah suci. 

"Nomor  antrean 35", wah saya sudah dipanggil.  Maka saya bergegas  menuju  meja 1. Saya di interview sekitar  datayang saya  tuliskan,  kemudian  dipersilahkan  ke meja 2. 

Di meja 2 saya ditensi  petugas  dan interview  sekitar  penyakit  yang pernah  saya derita.  Alhamdulillah  semuanya  baik-baik  saja. Kemudiaan  dipersilahkan  menuju  meja 3.

Di meja  3 ini yang  membuat  dag dig dug. Saya disuntik vaksin  sinovac. 
"Tidak sakit kan mbak?" Saya berkomunikasi  dengan petugas  hanya  untuk  mengalihkan  rasa nerves  saja. Tapi sebenarnya  saya tidak takut  atau bagaimana,  saya betul betul tenang.  Bahkan tensiku  normal.  Ada teman yang ketika  ditensi  menunjukkan  angka 170. Akhirnya  nggak jadi  di vaksin,  suruh  istirahat  sebentar,  setelah  tensinya  turun baru di vaksin. 
"Tidak sakit kok pak", jawab petugas  yang ramah itu. Saya di foto oleh bu Titik  yang juga peserta,  tetapi Dia datang lebih dahulu  bersama Mas Narso, suami tercintanya.

Ternyata  tidak sakit,  hanya seperti  digigit  semut.  Alhamdulillah.  Selesai  dengan baik.

Kami istirahat  15 menit  kemudian  diberi sertifikat.  Kami akan divaksin  tahap kedua  sebulan berikutnya. 

Kami pulang,  alhamdulillah  tidak ngantuk,  kemudian saya  ngantor  lagi sampai pukul 13.30. 

Malamnya  alhamdulillah  tidak panas,  seperti diingatkan petugas  nanti kalau panas  silahkan minum parasetamol.  Kalau  masih  saja belum teratasi  silahkan menghubungi  nomor  yang ada di sertifikat  itu. 

Alhamdulillah  bangun tidur  dalam keadaan  sehat,  kemudian  mandi terus bergegas  sholat  subuh di Masjid.  

Semoga  pembaca  semua  sehat  walafiat, dan  banyak  rezeki barokah.

Magetan,  8 Juni 2021 

Sumber bacaan 
https://www.alodokter.com/mengetahui-manfaat-vaksin-covid-19-dan-kelompok-penerima-prioritasnya; 8 Juni 2021; 07.08.

6 komentar:

  1. Semoga secepatnya bisa menunaikan ibadah haji pak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah saya sudah di vaksin dua kali

    BalasHapus
  3. Dengan tertundanya untuk menunaikan naik haji ditahun ini. Semoga tetap Allh takdirkan berangkat tahun depan.


    Semoga apa yg baik utk Allah baik juga utk hambaNya.
    Tetap sehat semangat semoga Allah selalu memberikan hambaNya Rahmat dan Hidayah. Aamiin.

    BalasHapus
  4. Aamiin ya robbal alamin, terima kasih Jeng Niken

    BalasHapus