Selasa, 08 Juni 2021

Bocah salah gawe

Sumber ilustrasi: https://bacaterus.com/cara-mengusir-lebah-dan-tawon/

Waktu  kelas 2 SD saya menempati  kelas baru. Gedungnya baru, bangkunya baru, dindingnya temboknya masih halus dengan cat warna krem. 

Tapi yang menarik  hati saya adalah sebuah lukisan yang tergantung di dinding tembok  yang berjudul  "Bocah salah gawe".
Lukisan ini adalah buah karya dari guru saya yang bernama  Suparno, yang anak-anak memanggilnya  "pak Parno." 

Menariknya  lagi  namanya  sama dengan nama saya.  Saya menjadi termotivasi  betul  dari gambar  ini. Tidak saja  termotivasi  tetapi juga terinspirasi banyak  hal.

Gambar ini melukiskan  seorang  anak  yang  melempar  sarang tawon.  Kemudiaan  ribuan tawon itu  marah  dan mengejar bocah salah gawe itu. 

Kepalanya  benjut  semua  kare sengatan  tawon sial itu. Kehebatan gambar ini adalah pak guru  tidak usah mengatakan pada anak-anak  "jangan melempari  sarang tawon". Tapi dengan melihat gambar  ini anak-anak  tidak  berani  "salah gawe"  melempari  sarang  tawon, karena takut  kalau disengat  tawon.

Yah, namanya  juga anak-anak,  selalu  saja  usil atau kadang iseng kalau  melihat  sesuatu. 
Bgaimana  bila sudah terjadi?
Oleskan  minyak tawon  pada kulit  yang tersengat. Tidak  apa  apa  30 menit  nanti  sudah sembuh.
Sumber ilustrasi: dokumen pribadi 

Pernah tetangga  saya  terkena  sengatan  lebah  di wajahnya,  saya tahu  kemudian  saya tolong  dengan minyak  ini  dan 30 menit  lagi  sembuh   dan bisa melakukan  aktivitas  lagi.  
Sumber  ilustrasi: GWA  Esperoka 

Sejak 15 tahun yang lalu  saya selalu menyediakan  minyak  ini di kotak obat keluarga. Saat itu  lenganku  terkena  hervers,  rasanya panas,  kemudian  dioleskan  minyak  ini dan sembuh.

Anda batuk,  oleskan  di leher dan dada  insyaallah  sembuh. Masih banyak  lagi  manfaat  minyak  ini.

Tahun  2016 saya dapat tugas diklat  pelatihan Narasumber  Nasional di Makassar,  dan jajan saya minyak  ini.  Ternyata  banyak  disukai,  terutama  oleh  kaum tua. 

Kalau masih muda  selalu menyimpan  minyak  wangi,  parfum  dan lain-lain,  kalau  sudah  tua selalu bawa  ini, minyak  tawon,  remason,  balsem....hehe .... 

Kalau  anda suka menyimpan  minyak ini  berarti  anda sudah tua, hehe.

Tidak usah malu,  yang penting  sehat,  produktif  dan bermanfaat  untuk  orang lain.

Di Makassar selain cotto  makassar  dan seribu kuliner  lainnya  , yang terkenal  adalah minyak  tawon. Jadi kalau  ke Makassar  jangan lupa belilah oleh-oleh ini. 

Saya ke Makassar  2 kali untuk acara yang sama. Senang sekali  naik pesawat  gratis,  tinggal di hotel,  bisa jalan jalan  ke pantai Lossari , dan ketika  pulang  selalu beli minyak  tawon. 

Magetan,  8 Juni 2021

Sumber  bacaan :
https://bacaterus.com/cara-mengusir-lebah-dan-tawon/; 8 Juni 2021; 17.18.

8 komentar:

  1. Sama seperti ibu mertua saya beliau selalu membawa minyak tawon.
    Minyak ini bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi dan keseleo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Maisaroh, menyembuhkan segala macam penyakit

      Hapus
  2. Kalau boleh tahu saat ke Makassar di Toko apa ?
    Kakak saya membuka Usaha Di Makassar namanya Toko Keradjinan di Jln. Somba Upo di pusat pertokoan oleh-2 dan toko emas maaf logam mulianya tergoong bagus kadarnya tinggi.

    Toko Keradjinan ini memang dekat dgn pantai Losari.
    Berul saya dirumah selalu menyediskan minyak Tawon dr Makassar kmdn minyak lawang / minyak kayu putih dan minyak Beruang. Alhamdulillah gratis krn selalu dpt kiriman dr Makassar. Apalg ada pandemi Di Toko laku keras sekali. Terutama minyak kayu putih.


    Terima kasih sahabat sdh hrrkunjung ke kota Makassar walau saat berkunjung dulu belum semoat komunikasi dgn saya tapi minim kabar ini menjadi termotivasi dgn usahayg ada di Makassar

    Tetap sehat semangat dan good luck. Salam utk keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ternyata 2 x saya ke sana, sekali belanja abis sekitar 2 jt

      Hapus
  3. Kalo sdh manula memang aromanya lain ya? Nggk lagi wangi parfum tp wangi minyak oles....

    BalasHapus
  4. Jadi ingat aku pak No.gambar itu kalo sekarang Gambar Cerita.Sering ada lomba nggambar tiap tahun di SD.
    Oh,teryataitu dulu gambarnya Pak Guru,Suparno.Rumahnya Setren kulon
    Dewe.Beliau memang guru muda yg kreatif
    Waktu ada Karnapal,di Kecamatan Sukomoro,beliau bersama Bu Sumarsih,saat itu sebagai promotor,guru penggerak.Saat itu aku ikut Karnapal,Pak No.Jadi sangat berkesan sekali Karnapal saat itu. Terus setelah Karnapal saat dulu itu tidak ada lagi Karnapal,entah mengapa.
    Setelah hampir30Tahun baru ana Karnapal di Kecamatan Sukomoro.
    Pak Suparno,itu sudah almarhum,sekitar 15 THN yg silam.
    Terus gambar itu sekarang apa masih ada ya Pak No.Mungkin bisa di musiumkan.Menarik sekali.Pesan yg di dihidupkan walau lewat gambar.
    Selamat berkarya Pak No.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak De, beliau karir terakhir sebagai KEPSEK. Terima kasih pak De

      Hapus