Selasa, 20 Agustus 2019

Sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Kabupaten Magetan

Sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Kabupaten Magetan
Pada hari, ini kami menghadiri undangan yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Jawa Timur,  untuk mengikuti acara sosialisasi penggunaan bahasa media luar ruang di Kabupaten Magetan.  Hadir pada acara ini Bapak Sekda Kabupaten Magetan, Bapak Dr. Drs.H. Bambang Triyanto, MM., dan juga ketua Balai bahasa Jawa Timur Bapak  Drs. Mustakimia,  M.Hum.

Acara dibuka oleh Bapak Sekda Kabupaten Magetan pada pukul 08.00 dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Bambang, berkisar tentang penggunaan bahasa di luar ruangan.

Juga disampaikan materi 5 fungsi bahasa Indonesia , yang pertama fungsi ekspresi bahasa mampu mengungkapkan gagasan, ide, gambaran yang akan disampaikan oleh seseorang,  yang kedua fungsi komunikasi. Fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi dengan bahasa Indonesia, semua akan paham, semua tahu sehingga komunikasi bisa berjalan dengan lancar,  yang ketiga kontrol sosial, bahasa bisa digunakan sebagai kontrol sosial, misalnya bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.  Dengan bahasa kita bisa menggunakan pesan-pesan seperti itu ,menggunakan kata-kata mutiara yang bisa menjadi kontrol dalam sosial. Fungsi bahasa berikutnya adalah fungsi adaptasi, kalau kita berada diluar daerah kemudian kita menjumpai dari berbagai macam suku bangsa dengan menggunakan bahasa yang berbeda-beda maka kita sulit untuk beradaptasi tapi dengan menggunakan bahasa yang sama bahasa Indonesia maka akan mudah untuk beradaptasi.

Fungsi bahasa yang kelima adalah fungsi integrasi data pemersatu dengan bahasa Indonesia maka akan tampak dan dapat dirasakan persatuan dan kesatuan nya tidak menonjol kedaerahannya tidak menonjol suku bangsanya mereka merasa sama yaitu sama-sama bangsa Indonesia dalam acara ini juga menyampaikan bahwa tolak ukur keberhasilan acara ini adalah apa yang disampaikan pada sosialisasi ini dapat ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari bahasa Jawa Timur kepada bapak Sekda karena padatnya agenda Bapak Sekda tidak bisa menunggu sampai akhir beliau melanjutkan untuk agenda berikutnya yaitu rapat di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar