Jumat, 07 Juni 2019

GRUP

Grup atau kelompok atau bisa juga di artikan sebagai perkumpulan, sekarang ini lagi ngetren banyak orang membentuk grup membentuk kelompok membentuk komunitas dengan berbagai macam tujuan dan motivasi.

Seiring dengan perkembangan zaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti pada zaman sekarang ini adalah apa yang dikenal dengan Whatsapp dan Facebook misalnya, maka orang bisa membentuk komunitas membentuk grup membentuk kelompok dengan menggunakan fasilitas itu.

Dengan semakin  luasnya pergaulan kita maka semakin banyak grup yang kita ikuti misalnya mulai dari grup SD, grup SMP grup SMA, grup teman kuliah, grup teman seprofesi, grup teman sesama anggota Diklat, Penataran, grup sesama narasumber, grup pengajian, ada lagi grup-grup kelompok bisnis, grup keluarga, keluarga dari keturunan suami dari keturusan istri ,  masih banyak lagi grup-grup yang dibuat sesuai dengan tujuan dan motivasi anggotanya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh anggota grup;
1. Jangan menshare informasi. 2. Jangan menulis hal-hal yang bisa menyinggung perasaan. 3. Jangan menshare foto-foto yang tidak sopan walaupun tujuannya untuk bercanda atau hal-hal yang sifatnya lelucon. 4.Jangan share foto-foto pribadi terlalu banyak karena bisa memakan memori terlalu banyak sehingga memori anggota cepat penuh menyebabkan HP hang,  5. Jangan mengharuskan anggota untuk selalu membaca dan berkomentar di grup.

Kelemahan Group
Apabila kita terlalu banyak memiliki grup maka membuat aktivitas kita tenggelam di dalam grup itu sehingga produktifitas kerja akan menurun.
Kualitas hidup seseorang bisa diukur dari produktivitas seseorang. Semakin seseorang itu produktif menghasilkan karya, menghasilkan kerja, menghasilkan produk, menghasilkan amal usaha, maka semakin berkualitaslah hidup seseorang. Imam Syafi'i berkata lelahkan hidupmu akibat berkarya sebab itulah cara menikmati hidup.  Orang yang hebat itu adalah orang yang bisa mengisi hidupnya dengan berkarya hingga lelah sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat sehingga tidak sempat untuk melakukan perbuatan dosa, sehingga tidak sempat untuk melakukan perbuatan menggunjing teman-teman dan sebagainya.

Pemahaman
Berdasarkan uraian diatas maka perlu kita pahami bersama bahwa tidak semua orang bisa larut dalam aktivitas grup apabila ada beberapa teman yang tidak aktif menulis, memberikan komentar di grup maka ini harus dipahami, jangan direndahkan jangan dinilai sebagai negatif.
Demikian tulisan saya mengenai grup semoga bermanfaat untuk kita semua, semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu merahmati dan melindungi kita semua. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar