Kamis, 03 Desember 2020

Kutersanjung

Namanya Pak Sukar. Saya mengenal  beliau sudah  sejak lama  sekali,  sekitar  tahun 2000-an, saat  itu  saya  guru  SMP2 Kawedanan dan beliau  guru  SMP1  Kawedanan.  

Beliau seorang guru  Fisika yang baik, pengamalan agamanya  baik, dan berdisiplin. Kalau  menjelaskan  enak, mudah  dipahami. Begitu  menurut  muridnya yang pernah  diajar anggota  Dewan Pendidikan  Kab. Magetan  yang tinggal di desa Jetàk Kecamatan Kawedanan ini.

Setelah  jadi  guru  kemudian  menjadi Pengawas Dikmen bersama  dengan pak Diro Harijadi. Setelah  pensiun  aktif  sebagai  anggota  Dewan Pendidikan  Kabupaten Magetan hingga  sekarang. 

Kemarin  hari  Selasa (1 Desember  2020 ) berkunjung  ke SMP1  Takeran  untuk  monev pelaksanaan  PTM di SMPN 1 Takeran  kaitanya  dengan tugasnya sebagai  anggota Dewan  Pendidikan. 

Kami  antarkan  untuk  melihat  secara  langsung  pelaksanaan  PTM di kelas 9B. Pak Karni  guru  yang  mengajar  di kelas  itu  agak  terkejut,  karena  keduanya  sudah saling  kenal. 
Setelah  itu  melihat  di kelas 9A.  Tak lama  kemudian  kembali  ke ruang KS. Kami bercerita  panjang  kali  lebar,  sampailah  kepada  passion  saya menulis. 
"Apakah  ada yang sudah jadi buku  Pak?" Tanya pak Sukar  sambil nyruput  minuman Jaseku,  minuman kas Sekolahku.

"Ada pak, ini." Tangan saya mengambil  sebuah  buku  yang  terletak  di atas meja dimana  saya duduk.  
"Jika  Bapak  berkenan  membaca,  ini  hadiah  untuk  Bapak." 
"Terima kasih Pak, saya masih suka  membaca  buku."
Buku yang saya serahkan berjudul  "Catatan Harian Seorang Kepala  Sekolah".
Setelah  dua hari  ternyata  buku  saya  dibaca  beneran oleh  beliau  dan memberikan  apresiasi  atas tulisan  saya. Ini copy lengkapnya.  

"Assalamualaikum  Wr. Wb.
Maaf Bapak saya menunda bukan karena  lupa, tapi saya perlu membaca agar memahami  isinya . Satu baris tulisan  bermakna adalah sebagian kecil isi hati  ( kepribadian  penulis ) 
Tulisan  yang dibukukan lebih mencerminkan  siapa  sebenarnya kita. 
CATATAN  HARIAN SEORANG  KEPALA  SEKOLAH  oleh Bapak Suparno,  S.Pd.,M.Pd.
Menjadi catata saya;
1. Isinya ringan, mantab, berkualitas. 
2. Dapat menginspirasi dan memotivasi siapapun (baca: rekan sejawat,  siswa, para peminat  baca yang  lain)
3. Penulis memiliki komitmen,  bersungguh-sungguh,  kreatif, teliti,  dan senantiasa  ingin maju  dengan segala konsekuensinya.
Mohon maaf bila ulasan saya kurang  berkenan,  selamat  menulis dan berkarya , kemudian bawalah SMP1  Takeran menuju   lebih maju dan berprestasi.   Saya tunggu  karya buku  berikutnya.  ....SUKSES...."

Masya Allah,  tersanjung rasanya membaca tulisan ini, terima  kasih  Bapak  sudah  berkenan  membaca  dan memberikan  apresiasi  sekaligus  motivasi  untuk  berkarya  lebih  baik  lagi.

pangestunipun  Pak Sukar,  mugi penjenengan  pinaringan  sehat  sak keluarga,  yuswa panjang  ingkang  Barokah.  🙏🙏🙏🙏🙏

Magetan,  3 Desember  2020.





3 komentar: