Jumat, 25 Desember 2020

Harganya Subuh

Apabila anda pagi ini  bisa datang ke Masjid untuk  sholat subuh berjamaah  itu saja berarti anda termasuk  orang yang beruntung. Sholat subuh  itu  berat bagi yang keimanannya lemah,  tapi ringan bagi yang betul-betul  memiliki  kadar keimanan  yang kuat.

Awalnya memang  harus di paksa  agar terbiasa,  kalau sudah terbiasa  serasa ringan. Ditambah lagi udara pagi  yang  segar  setelah istirahat  semalam. 
Tulisan ini semoga menambah motivasi bagi kita untuk  rajin sholat  subuh  di Masjid.  Saya akan mencoba menyajikan beberapa  fadilah sholat subuh.  Kita kadang malas  berat melakukan karena tidak tahu harganya  amal. Kalau tahu, maka merasa kehilangan dan rugi besar  jika tidak melakukannya.  
Antara lain adalah  sebagai berikut;

Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan shalat Subuh, sebagaimana disebutkan dalam suatu hadis, ''Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.'' (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).
Jadi orang yang rajin sholat  subuh akan mendapatkan  keberkahan. Kalau  tidak diberkahi hidup kita, wah rugi besar kita.

Yang kedua orang yang sholat  subuh  maka mereka berada dalam jaminan  Allah. 
"Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia barada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.'' (HR Muslim). 

Yang lain disebutkan dalam satu riwayat Imam at-urmuzi: ''Dari Aisyah ra telah bersabda Rasulullah SAW, Dua rakat shalat Fajar pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya.''

Diriwayatkan dari Abu Musa al-Asy'ari ra ia berkata Rasulullah SAW bersabda: ''Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.'' (HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah shalat Subuh dan shalat ashar.

Beberapa  hadis tersebut  sudah  cukup  menjadi motivasi bagi kita untuk  berjuang melawan  lupa, berjuang  melawan malas yang hanya  nikmat sesaat. Saling mengingatkan  semoga  kuta bisa melakukannya.  Kalau  kita bisa sholat subuh  jangan berfikir  itu  adalah  usaha anda,  tapi  bersyukur  karena  kita digerakkan  Allah  untuk  bisa melakukannya. Itu adalah anugrah  yang besar  yang melebihi  indahnya  dunia  dan isinya.

Setelah sholat  subuh baru bertebaran di muka bumi  untuk  mencari  rezeki dengan upaya  apa yang bisa dilakukan.  Kalau anda seorang penulis  bisa menuliskan  apa yang anda sukai  dan bisa. 

Kalau  anda seorang  pedagang  bisa bergegas  ke pasar, mengatakan barang  dagangannya. 

Saya ke kebun saja  membersihkan rumput  tanaman alpukat  saya,  tanaman  itu  kdang seperti  manusia,  kalau kita cintai  dia akan memberikan  buah  yang banyak  untuk  kita.

Ok,mari segera berangkat,  beranjak dari tempat  nikmat sesaat  untuk  melakukan  sesuatu  yang memberi manfaat. 

Rezeki  tidak harus berupa  uang, tapi juga kesehatan,  bisa berkebun,    bersih  bersih halaman, lingkungan , menanam bunga  dan lain-lain  agar tumbuh  keindahan disekitar  kita. 


Sumber bacaan:
https://m-republika-co-id.;26 Desember  2020;06.53.











6 komentar:

  1. Bener bgt, subuh beratt pas lagi ngantuk2 nya hehe

    BalasHapus
  2. Doakan sy pak suparno. Supaya sholat subuh semakin diringankan. Aamiin

    BalasHapus
  3. semoga Pak Asikin dan kita semuanya dimudahkan Allah untuk bisa melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid

    BalasHapus
  4. Bersyukur lah orang yg dimudahkan oleh Allah mengerjakan sesuatu yang baik. Jika kita dimudahkan sholat wajibnya ada yg dimudahkan sholat sunnahnya ( Tahajjud / dhuha dll ) ada juga yg dimudahkan puasanya ada pula yang dimudahkan amal sedekah nya. Kalau semua bisa kita miliki itu namanya Allah memberi kan Rahmat pada kita. Namun pada kenyataannya. Hanya ada beberapa amalan yg Allah berikan kpd kita. Yg bgt mudah utk kita kerjakan.


    Kemudahan utk menjalankan itulah yg hrs kita jaga Istiqomah nya.Islam menerangkan 2 waktu sholat yg paling berat adalah sholat Isya dsn Subuh. Ketahuilah orang munafik tdk mudah utk menjalani dua sholat tsb ( Isya dan Subuh ).

    Semua bisa krn biasa. Semua bisa karena belajar tentunya semua adalah proses. Maka kembali lagi. Bersyukurlah dan beruntunglah yg sholatnya terjaga krn tdk setiap manusia diberi Hidayah.

    Allah memberikan semuanya pada hambaNya namun tidak setiap manusia diberi Hidayah. Maka Pegang teguh Hidayah jngn sampai terlepas.....

    Semoga kita tetap dlm Rahmat dan HidayahNya.
    Ok sahabat terus berkarya ..maju terus tetap sehat semangat dan good luck...

    BalasHapus
  5. Terima kasih mbak Niken yang baik hati, saya baca semuanya

    BalasHapus