Minggu, 30 Juni 2024

KMD, tetap tegar walau diguyur hujan

Pagi itu cerah , walaupun tadi malam hujan di sekitar Magetan. Pukul 07.00 kami sudah duduk di terminal Ngerong. Udara udara terasa sejuk, atau lebih tepat terasa dingin. 

Saya memesan secangkir kopi manis bersama Kak Murda, teman tim teknis senior yang berdedikasi tinggi di Gerakan Pramuka sambil menunggu kedatangan peserta KMD datang. 

Pukul 08.15 mereka datang perlahan 4 truk , yang diikuti Kakak pelatih yang lain. Kemudian mereka disiapkan oleh pinru yang beranggotakan sekitar 8 sd 10. Diantara mereka ada yang ijin tidak dapat karena karena sesuatu hal yang memang penting .

Masing masing regu diberikan tugas mengisi kuis untuk dapat berangkat ke trmpat kemah di telaga Wahyu , ngerong Magetan. Bagi mereka yang dapat menyelesaikan tugas lebih awal akan  berangkat lebih dulu. Mereka berebut cepat dapat menyelesaikan tugas.

Sampai di telaga Wahyu mereka mendirikan tenda termasuk kami Pelatih, mendirikan  tenda di pinggiran telaga wahyu. Pintu masuk tendanya dibuat menghadap ke telaga. Kalau siang hari bisa dinuka jendelnya sehibgga tampak panorama alam yang indah berupa sebuah danau kecil atau telaga yang bernama "Wahyu Lake."

Kegiatan malam adalah penutupan KMD yang dipimpin langsung oleh  Kakwarcab, Kak Titik Sudarti.  Beliau mengenakan seragam Pramuka lengkap. Tampak cantik dan berwibaha. 

Kegiatan api unggun diawali oleh iringan petugas yang diantarkan oleh penari cantik seperti cucuk laku dalam resepsi Jawa. Mereka melenggok gemulai diiringi gending jawa yang mengalun lembut menjiwai.

Selesai api unggun dilanjut dengan pentas seni 

Pukul 10 saya undur diri, ke pulau kapuk,  bermimpi di tenda kuning seorang diri. 
Kuawali dengan baca Surat Al Mulk, 3  Qulhu, bismika Allohumma wabismika amut. Tidurlah entah jam berapa. Agar paginya bisa bangun dengan iklas dan sehat. 

Malam bangun 3  kali, ke kamar mandi, berjalan pelan- pelan, ditepian telaga, gelap, sepi, sendiri. 

Tapi saya berani, walaupun  ada yang melihatku, bukan kawanku, tapi mengenalku, memahamiku, menolongku dan  melindungiku. Dialah Tuhanku. 

Di sisi lain ada yang melihatku, ingin menggangguku, tapi saya yakin, Aku dalam lindungan Tuhanku.

Pagi itu terasa cepat, masih gelap, dingin, waktunya adzan. Kucari speaker barangkali ada, tapi tak kutemukan 1 meter kabelpun yang  menghubungkan mic. Tak ada mic pun jadi. "Allohu akbar Allohu akbar, lha ilaa ha illalloh"

Diimami oleh salah satu peserta KMD, banyak ustadz di sini. Alhamdulillah, barokalloh. 

Abis subuh ada kegiatan RTL, open forum,  game, bersih bersih telaga, penutupan, dan penyerahan ijazah KMD, xan sayonara.

Alhamdulillah semuanya lancar, selamat, dan bahagia yang setinggi tingginya.

Sampai ketemu lagi dikegiatan brikutnya. Salam Pramuka.

Magetan, 29 Juni 2024