Rabu, 01 Juli 2020

Promosikan bu Anik RL




Guru saya yang satu ini memang luar biasa orangnya disiplin, tanggung jawab , kalau diberi tugas selalu selesai ,taat pada pimpinan dan disamping itu dia juga memiliki ketrampilan menulis. Ada 3 buku yang sudah terbit hasil karya beliau.

Pada hari Jumat tanggal 26 Juni 2020 beliau dilantik menjadi kepala sekolah SMP Negeri 2 Bendo, dan hari ini Rabu Pon, 1 Juli 2020 dilaksanakan sertijab dengan disaksikan sekitar 20 orang guru. Diantar oleh perwakilan teman teman guru SMP1 Takeran sejumlah 10 orang. Sekolah dengan luas lahan 10.000 M2 ini berada disekitar 7 km dari SMP 1 Takeran. 

Beliau selama 16 tahun mengajar di SMP Negeri 1 Takeran, dekat dengan anak-anak dan dan bisa menyesuaikan dengan guru-guru yang lain dalam pergaulan. Tidak tahu apa yang terjadi mengenai emosinya anak murid-muridnya apabila mengetahui bahwa itu gurunya yang satu ini sudah tidak mengajar lagi di SMP Negeri 1 Takeran. Anak-anak pasti merasa kehilangan tapi bagaimanapun itulah realita bahwa Ibu Anik memiliki hak atas masa depan karirnyasebagai ASN.

Satu lagi ibu guru yang cantik ini memiliki hobby  memelihara kucing. Ada sekitar 14 kucing dipelihara dengan baik, diberi makan, dirawat keadaandengan baik, yang sakit diobatkan ke klinik hewan di daerah Madiun sana.  Konon dulu ketika beliau melaksanakan ibadah haji, tahu-tahu ada kucing yang mendekati dan duduk di pangkuannya.  Menurut beliau ini adalah satu amanah  yang diberikan oleh Allah kepada beliau. sepulang haji di tanah air Indonesia agar menyayangi binatang kesukaan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ini. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, ada lima kompetensi kepala sekolah yang harus terus ditingkatkan.

Lima kompetensi itu adalah Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, dan Sosial. Kelimanya saling terkait dalam manajemen berbasis sekolah dan memerlukan partisipasi masyarakat. Ini yang penting selalu bu Anik pelajari dan diimplementasikan dalam  memimpin sekolah. 

Saya yakin Bu Anik mampu membuat perubahan yang baik di SMP Negeri 2 Bendo, masalah pasti ada, tapi pasti ada jalan keluarnya. Dan seorang pemimpin harus pantang mundur, karena salah satu kunci keberhasilan kepala sekolah adalah pantang mundur dan berani mengambil risiko.


Bu Anik telah berhasil mencapai jenjang karir sebagai Kepala Sekolah, Allah telah mengabulkan doanya, doa temannya atau mungkin mendapat doa-doa baiknya dari kucing-kucing peliharaannya. Untuk itu   satu hal yang menjadi perhatian adalah bagaimana nasibnya kucing-kucing ini setelah Bu Anik pindah di SMP Negeri 2 Bendo.

Selamat bu Anik SMP2 Bendo tak sabar menantii ide-ide brilian dari Bu Anik, agar menjadi SMP yang maju , SMP yang hebat yang menjadi idola dari masyarakat di sekitar kecamatan Bendo. 

Dengan dilantik sebagai kepala sekolah ini tugas anda tidak semakin ringan, akan tetapi saya yakin bahwa anda bisa melewati dan menjalani ini semua dengan baik. Sudah barang tentu perlu belajar, perlu "ngangsu kaweruh" kepada para senior kepala sekolah agar tugas ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.


Sekali lagi selamat selamat selamat dan sukses selalu untuk Bu Anik.
Semoga SMP1 Takeran muncul bu Anik bu Anik baru yang ikut berjuang memajukan sekolahnya.


3 komentar:

  1. Terima kasih sudah mendidik dan memperjuangkan saya bapak.. semoga menjadi amal sholih dan membawa berkah bagi bapak dan keluarga...
    Terima kasih juga atas doa dan harapan baiknya... semoga Allah SWT selalu Melindungi dan Membimbing saya...salam taklim saya katur bapak dan keluarga...

    BalasHapus