Senin, 30 Mei 2022

Masjid Bani Solan kebanggaan Magetan

Sudah beberapa bulan saya ingin sholat di Masjid  ini. Tapi baru terlaksana hari ini tadi. Satu  kata yang mewakili isi hati saya adalah, "takjub".

Masjid  ini berada dekat  perempatan Sukomoro,  sebelah kanan jalan kalau anda  naik motor  dari  Timur.  Kalau dari Magetan ya sebelah kiri jalan.  
Tempat  parkirnya luas , nyaman dan aman.

Arsitektur  bangunan masjid ini bertajuk lingkaran.  Begitu masuk area masjid  saya mencari tempat  wudu. Istri saya tidak tahu  tempat  wudunya,  tapi saya segera tahu.  

Tempat  wudunya  terpisah di sebelah  Selatan masjid  berbentuk  bangunan  melingkar  yang beratapkan  seperti topinya pak Polisi. 
Saya segera masuk  bangunan  itu, subhanalloh  bersihnya seperti  hotel bintang 5. Atau lebih bagus dari itu. Ada toilet,  WC duduk,  ada WC jongkok,  semuanya   berbaham mahal , dindingnya terbentuk  dari keramik  termalah, yang sayapun tidak tahu  berapa harga  dan dimana  kalau beli. 
Kemudian  saya berwudhu,  memutar kran  bagus. Pancaran  airnya  pas sesuai  dengan keinginan  saya. Habis wudhu  kesegaran  ada di wajah dan bagian tubuh saya. 
Segera  aku bergegas  ke dalam ruangan masjid. Masjidnya  berbentuk  lingkaran.  Lihat itu pintu  masuknya,  ada tulisan dorong.  Aku mendorong  pintu  itu  dan masuk bersama istriku.  Eits  salah,  ini tempat  sholat  untuk  kaum hawa. 

Aku keluar. 
"Pintu  masuknya yang itu  Pak." Arahan dari seorang penjaga  Masjid  "bercostum  security".
"Oo iya mas terima kasih,  saya salah", Jawab saya sambil menuju  pintu  di sebelah barat.

Saya masuk,  saya pandangi  di sekeliling  dan sesuka saya memandang.  Dindingnya  sebagian terbuat  dari kaca, sehingga  bisa memandang luar  masjid  yang indah.  Di sekeliling masjid  dihiasi  taman yang ditata indah. 
Aku masih di dalam ruangan  masjid.  Setelah  sholat  aku nemandangi  sekeliling  masjid  lagi,  ada imaman, tempat kotbah dan lain-lain. 
Keramiknya  terbentang  utuh, panjang membentang hingga dinding  masjid.  Ukurannya  sekitar 1,5 × 12 meter. 

Sudah,  saya mau keluar.  Hei ... itu  ada teman  lama saya masuk  masjid,  namanya pak Hartono,  rumahnya Tamanan.  Beliau  dulu wakasek,  ketika  saya jadi guru  pemula di SMP  1 Sukomoro.  Kemudian beliau  melimpah  di SMA 1 Sukomoro  hingga purna tugas. 

Saya sering bertemu beliau ditempat tempat  mulia, masjid dan  pengajian.

Setelah  bersapa  dan bertanya kabar,  beliau  bercerita  masjid  ini dibangun  oleh seorang bos  yang bekerja di PT POS Indonesia.  Asli putra Magetan  yang telah sukses di Jakarta.  

Saya berpikir dalam hati, "ini benar-benar  orang  cerdas  yang memanfaatkan harta kekayaannya  di jalan baik,  untuk  orang-orang  baik."

Lihat itu,  ada persediaan dispenser  lengkap dengan kopi  dan gula, juga ada air mineral  yang siapa  saja boleh minum. 

"Ya Allah  bangunkan rumah di surga  untuk  pendiri  masjid  ini dan siapa saja yang punya  kontribusi  untuk  masjid  ini."

Masjid ini  diresmikan  oleh Bapak Bupati  Dr. Drs. H. SUPRAWOTO, S.H.,M.Si., beberapa bulan lalu atau tepatnya  bulan puasa  lalu.

Didirikan  oleh seorang  Ibu yang baik,  
bernama Siti Choiriana atau akrab dipanggil Ana, yang mempersembahkannnya untuk  ayahnya tercinta  yang bernama  pak Solan, sehingga  masjid ini diberi  nama "Masjid Bani Sholan".

Saya mengelilingi  masjid  ini dan melihat  ada kolam bersih yang mengelilingi  masjid ini  dan ikannya banyak sekali. Berwarna  warni  berenang sambil berdzikir  memuji  kebesaran  Allah.  

Dekat  kolam ini dikelilingi  taman  indah  yang saya bisa memastikan bahwa  taman ini  pasti ditata  ahli taman  yang hebat.

Lihat itu di utara Masjid  ada taman  dan tempat  bermain anak-anak  kecil. 
Saya melihat  ada beberapa  anak  yang  sedang  bermain  dan ditunggui  ibunya. 

Ayo sahabat baik,  ajaklah keluargamu  untuk  sholat  di sini.  Saya yakin anda akan terinspirasi dari beberapa  aspek  kehidupan. 
Sebarkan cerita baik ini,  jika  berkenan.
Semoga  anda terpilih  menjadi orang  baik yang beruntung  di dunia  hingga  di akhirat  kelak.

Magetan,  30 Mei 2022


7 komentar: