Rabu, 04 Mei 2022

Kemenangan yang tidak mengalahkan

Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal  2 Mei 2022 bertepatan dengan Hardiknas. Tahun ini tampak sudah normal.  Pemerintah  sudah mengijinkan  mudik lebaran.  Setelah 2 tahun sebelumnya tidak diijinkan mudik.

Saya sendiri tidak pernah mudik karena istri saya juga sama sama berasal  dari daerah yang sama yaitu Magetan, tapi ada saudara  saya yang dari Jakarta,  Surabaya,  Bandung  dan lain-lain, biasanya  mampir di rumah saya walaupun hanya sebentar. 

Kita bisa bertemu,  saling cerita,  kadang kadang tertawa bersama.  Yang masih muda cerita sekolahnya  yang sudah bekerja  cerita pekerjaannya  yang sudah tua  cerita  mengisi  hari tua. 

Penampilan  tetangga saya tak mau kalah.  Mereka  pulang dengan membawa mobil baru,  ada Pajero ada Fortuner  wah top banget. Di sepanjang  jalan banyak mobil  mobil bagus.   Saya berfikir  ini tanda  tanda mereka sudah makmur. Alhamdulillah. 

Seperti  tadi malam saya main ke Madiun, masya Allah,  macet nya kayak di Jakarta. Tempat tempat kuliner diserbu pengunjung. 
saya  bersama  berkunjung  ke Mie  Gulun yang oke banget.  Pemiliknya  Pak Kis bu Anik Rofaida yang baik hati.

Alun  alun Madiun  penuh sesak,  lapangan gulun  padat merayap. Ya Allah ini semua anak cucu  Adam  yang meramaikan dunia  yang dulu  sepi, hanya orang dua  sekarang  Seperti sudah penuh. 

Tapi yang saya apresiasi  adalah perilaku  masyarakat  berkendaraan,  bagus,  tidak ada yang arogan,  saling beramal  memberi jalan,  agar tidak terjadi kecelakaan.  Alhamdulillah  di Magetan  sendiri  atau di  mana mana  saya tidak mendengar  adanya  kecelakaan. 

ini yang perlu dilanjutkan.  Orang Magetan  memang santun,  baik hati  , rendah hati. 

Oo iyaa  dalam pembicaraan  lebaran  saya lihat  mereka  tampak  hati hati  berbicara,  tidak ada yang sombong. Memang ini perlu  kita kondisikan. Kalau  bisa pembicaraan  yang memotivasi. Motivasi  hidup,  motivasi kerja, ibadah, belajar  dan lain-lain.

Jangan iri  saudaranya  punya ini  punya itu.  Jatah rezeki kita sudah ditakar  sesuai  garis takdirnya  masing-masing.  

Kita menerima dan mensyukuri  apa yang  ada , saling menebar  senyum,  salam  dan bahagia.  InsyaAllah ketenagan,  ketentraman  , kedamaian  dan kebahagiaan  akan dapat  kita rasakan.

Senang  rasanya saudara-saudara  mau berkunjung  silaturahmi  setahun sekali. Semoga  kita diberi  umur  panjang  sehingga  bisa bertemu  dengan Romadhon  tahun - tahun yang akan  datang  untuk  bersama  merayakan kemenangan.  Menang  melawan hawa nafsu , Menang bisa berpuasa  sebulan penuh, Menang bisa qiyamul lail, Menang bisa berbagi kebaikan.  Inilah  kemenangan  yang tidak mengalahkan  dan merugikan  saudara  kita  yang lain. Tetapi membuat  mereka tersenyum bahagia.

Demikian , selamat hari raya idul fitri  mohon maaf lahir batin. 

Magetan,  5 Mei 2022

1 komentar: