Sabtu, 21 Januari 2023

Bulan Rojab bulan yang dimuliakan

Hari minggu  22 Januari 2023 diawali dengan pengajian di Masjid Al Muttaqin  ds Pojoksari , sambil memperingati  Isro mi'roj. Hadir sebagai  pemberi  materi adalah Ustadzah  Rofiqoh dari ds Panggung  Barat.
Diawali dengan motivasi  pentingnya pengajian bagi manusia.  Manusia itu sering lupa, iman itu naik turun maka kita harus saling menasihati  dalam kebenaran. "watawa  shoubil  haq'  watawa shoubish shober".

Dalam kehidupan ini kadang kita dimarahi, dicaci, dihina, direndahkan dan sebagainya  maka langkah yang bijaksana  adalah diam.  Biar Allah sendiri  yang memberikan balasan. 
Kalau menjawab  kadang malah jadi pertengkaran maka diamkan saja. Memang kadang orang itu melihat sisi negatif kita saja. Ketika diklarifikasi, dijelaskan tidak mau mendengarkan.  Yang demikian ini tidak usah dilanjutkan  berbicara memberikan penjelasan  klarifikasi. 

Oleh karena itu penting sekali menjaga lisan "Salamatan insan fi indil lisan" selamatnya manusia itu didalam ucapannya. 

Bulan Rojab adalah bulan yang dimuliakan. Bulan yang istimewa.  Ada peristiwa  luar biasa yang terjadi di bulan Rojab  yaitu perintah sholat lima waktu kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Kalau perintah lainya melalui malaikat  Jibril, tapi tidak untuk  perintah sholat.  Nabi menerima  perintah sholat langsung dari Allah.

Pada bulan Rojab juga disunahkan berpuasa
Yang pahalanya dilipatkan . 

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan." (HR At-Thabrani).

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."


Kenapa manusia diperintah  sholat.  Sholat itu  tugas yang tidak boleh ditinggalkan walaupun dalam keadaan bagaimanapun. Sakit parahpun harus sholat.   Kalau  tidak  bisa berdiri  dengan duduk. Kalau tidak bisa dengan duduk dengan berbaring  dsb.

Sholat kouf  sholat  ketika dalam keadaan  ketakutan. Pada saat perang pun  juga diwajibkan sholat. 
Sholat itu kekuatan ibadah. Shokat itu kekuatan iman. Orang itu  baik tidaknya imannya  bisa dilihat  dari sholatnya.  

"Al imanu yazidu  wayangqush".  Iman itu naik turun. Kadang naik kadang turun. Oleh karena itu harus berusaha  terus agar keimanan kita naik. Semoga kita kelak diambil Allah  dalam keadaan  puncak keimanan  kita. Namanya husnul khotimah. 

Sholat  itu wujud penghambaan  kepada Allah. Kita menenggelamkan wajah kita bersujud pada Allah. 

Kita tidak tahu apakah sholat kita diterima  oleh Allah atau tidak.  Yang penting syarat syahnya  sholat harus diperhatikan,  disempurnakan.   Kalau sudah dipenuhi insyaallah sholat kita syah diterima  oleh Allah. 

Ada doa yang baik di bulan Sya'ban 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Latin: Allahumma bariklana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhan.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Semoga kita semua  diberi  sehat wal afiat  diberi rezeki yang banyak barokah  dan dipertemukan  dengan Romadhon  bulan depan.  

Tak terasa 2 bulan lagi kita sudah memasuki bulan  Romadhon  bulan  yang  banyak keberkahan, bulan yang dirindukan oleh umat muslim. 

Magetan, 22 Januari 2023




2 komentar: