Senin, 14 November 2022

Perjalanan Malam Guru Penggerak

Ada kata kata mutiara yang bunyinya begini "hanya orang-orang  yang melakukan  perjalanan malam yang akan meraih fajar. Malam ini saya betul-betul  melakukan perjalanan malam bukan arti kiasan.

Bersama teman saya Andi Juwari malam ini ke Jember  dengan kendaraan  Kereta Api Mutiara Timur.

Kami memilih kelas eksekutif, biar pernah merasakan  nyamannya  perjalanan  malam dengan Kereta Api. Berangkat  pukul 10.34 dari stasiun Madiun ke stasiun Jember.

Sampai di Jember pukul 04.52 pagi. Kami turun dari kereta  dan segera mencari mushola untuk  sholat  subuh.

Selesai sholat kami keluar dari stasiun. Mau menuju hotel naik becak saja. Biar tahu dan bisa menikmati  segernya udara pagi kota Jember.  Saya lupa tidak bertanya   namanya Bapak tukang becak, tapi kami selalu menyapa  bercakap  cakap.

Kami mulai berjalan  mengelilingi  alun alun-alun  Jember naik sepeda roda tiga ini. Alun-alunnya berbentuk  lingkaran.  Seperti di Semarang. Kemudian banyak jalan bercabang  yang muaranya  ke pusat  kota ini.

Tidak lama kami sudah sampai, kemudian menitipkan  koper  ke hotel  karena acaranya  baru mulai pukul  12.00

Kami jalan-jalan menuju alun-alun kembali  tapi jalan kaki  sambil olahraga.

Lihat itu  ada penjual kue. Lekker namanya. " "Beli kuenya pak 4 saja, berapa Pak?"
"Sepuluh  ribu Pak."
"Ok. Dibungkuskan"

Kami melanjutkan  berjalan kaki menuju  alun-alun.  Lihat itu mau ada konser  besar. Terpasang satu unit sound besar.  Di alun alun-alun.  Acaranya besuk pagi ada acara besar  Kabupaten.

Lihat itu  ada pohon kelapa  di pinggir  alun-alun.  Banyak sekali ada 80-an pohon. Tampaknya disini cocok tanaman kelapa.

Kami melanjutkan perjalanan.  Nah itu ada Masjid Jamik. Struktur  bangunannya  unik, melingkar. Kami nanti  akan ke situ. Tapi masih mencari depot  untuk  makan pagi.

Sebelah barat alun-alun ada banyak depot. Kami memilih  soto ayam kampung. Penjualnya  orang Madura.  Soto Magetan  dengan soto Madura  beda. Soto Madura cenderung asam, tapi terasa seger.

Ingat  jaman kuliah  dulu sarapanya  soto Madura Cak Samsul.  Dengan 300 rupiah  sudah dapat satu mangkok.

Rasanya  senada  dengan soto Jember  ini. Harganya  juga cukup  murah.  28 Ribu dua mangkok  plus minum  dan krupuk.

Masih jam 07.30 kami istirahat  di Masjid  sambil sholat duha.
"Ayo mas sholat duha dulu."
"Iya Pak" , jawab mas Andi temanku  guru pengajar  praktik  dari Magetan  ini.
Masjid ini bertajuk lingkaran, semuanya serba melingkar. Bangunan  utama ditopang oleh 17 tiang penyangga.   Bentuknya  juga melingkar.
Disamping  kiri dan kanan bangunan utama  juga ada bangunan  melingkar.  Bangunan  ini digunakan untuk  kegiatan belajar  mengajar.  Seperti  latihan alberjanji, belajar sholat dan lain lain. Bangunan lainnya kalau ada tamu digunakan  untuk  istirahat  tamu. Kami dipersilahkan istirahat  di sini.

Takmir masjidnya baik. Ramah dan peduli  pada musafir  yang singgah  melepas lelah.

Kami kesini memenuhi undangan dari BBGP Jawa Timur . Tema kegiatan hari ini adalah Capacity building "Peningkatan  pelayanan prima bagi guru  penggerak dan tenaga pendidik dengan tema kerjasama dan pelayanan publik yang berkualitas".

Dilaksanakan mulai tgl 15 sd 17 Nopember  2022 di hotel Java Lotus Jember. JL. Jend. Gatot Subroto no. 47, Tembaan, Kepatihan Kec. Kaliwates Jember.

Kami penasaran  tentang apa lagi ini, yang jelas bermanfaat  besar  untuk  guru penggerak. Guru  Penggerak  itu pasti tergerak, bergerak  dan menggerakkan.

Tidak diam saja.  Kata mbah Semar "Begegek ugek-ugek  sak dulito  hemel-hemel.
Jadi orang  itu untuk  bisa makan  harus bergerak. Jadi jangan takut berkeringat, takut capek, takut kehujanan, takut kepanasan. Jadikanlan  hujan  itu penyegar  setelah tubuhmu  kepanasan  seharian.

Guru Penggerak  aksi nyata  itu pasti.