Selasa, 15 November 2022

Kerjasama dan Pelayanan prima yang berkualitas

Dalam pembagian hotel saya tidak menjadi satu dengan pak Andi dari Magetan. Pak Andi di Hotel Java Lotus sedangkan saya di Hotel Aston bersama  peserta di 4 bus yang lain. Mereka kebanyakan  tim BBGP. 

Saya masuk rombongan bus 6. Tidak satu pun saya kenal diantara peserta.  Tapi mereka semua memiliki karakter  yang baik. Saling mengenal, saling menyapa, bahkan canda tawa itu  betul-betul  ada.

Jadi kami memang dipersatukan dalam kegiatan  capacity building ini. Dalam program  pendidikan guru penggerak ini Kami memang memiliki peran yang berbeda tapi misinya sama.  Sama-sama  melayani publik  untuk  itu diperlukan kerja  sama yang baik agar pelayanan  publik  berkualitas.

Pembukaan  secara seremonial dilakukan tadi siang pukul 14.30. Malam ini sesuai dengan run down acara ada kegiatan  tauziah Agama oleh KH Sudirman Nahrowi, M.Ag.

Baru kali ini penataran  ada tauziah Agama. Senang itu pasti. Karena bagi kami bisa menjadi siraman rohani.  Seperti oase padang pasir yang tersirami hujan semalam.

Kami bisa memandang ulama, mengikuti tauziahnya, ditempat baik bersama  orang-orang baik.

Bapak Kepala BBGP  Bapak Drs. Abu Khair, M.Pd  memberikan sambutan awal. BBGP itu adalah pelebaran   dari  P4TK  PKn IPS , BP Paud , BPMPTK yang dulu BPMTV.  Beliau mengajak  memaknai dan menangkap perubahan yang kini sedang terjadi.
Beliau juga memberikan apresiasi kepada pegawai yang memasuki purna tugas

Berikutnya giliranya  pak Kyai Dr. Sudirman Nahrowi MAg.untuk  memberikan  tauziah Agama. Masih berkaitan  dengan pelayanan Prima. 
Pelayanan  Prima itu Pelayanan  maksimal agar yang dilayani puas.

Menurut  beliau ada tiga pendekatan  agar kuta bisa memberikan  pelayanan prima, yaitu ;
1. Pendekatan sikap atau attitude
2. Pendekatan  perhatian attention / perhatian. Disapa didekati,  dihafal namanya dsb.
3. Tindakan / action. 

Berikutnya kita  harus memiliki  sikap syukur yaitu; 
1. Rasa memiliki  terhadap instansi.
2. Rasa bangga terhadap pekerjaan. 
3. Loyalitas  yang tinggi  terhadap pekerjaan. 
4. Ingin menjaga  martabat dan nama  baik instansi.  Jangan malah "dielek- elek, dibanding-bandingke  disaing-saingke."

Apakah perasaan syukur itu? Perasaan  syukur adalah: ungkapan rasa atas segala nikmat  yang telah diberikan  oleh  Allah.  

Apakah manfaat  bersyukurlah  itu? Manfaat bersyukur adalah sebagai berikut; 
1  Hidup lebih barokah.
2. Terbebas dari "AIDS" nya  hati. Aids itu apa ? Yaitu Angkuh, Iri, Dendam, syirik/serakah/ suudhon.
3. Semakin dekat dengan Allah. 
4. Terhindar  dari penyakit  fisik. 
5. Allah  menambah kenikmatan dalam hidupnya.  
Bersikaplah loman maka akan dekat dengan Allah,  Rosululloh  dan jauh dari adzabnya Allah. 
Semakin dekat dengan Allah itulah yang senantiasa  harus kita usahakan .  Sekecil apapun nikmat yang diberikan  Allah  kita syukuri.  Lebih-lebih  nikmat besar, misalnya kesehatan, iman, ilmu., rizki yang banyak berkah dll.

Orang kalau  pandai bersyukur maka akan ;
1. Jarang mengeluh,
2. Selalu husnudhon
3. Tidak merasa rendah diri
4. Suka berterima kasih 
5. Tidak sombong/  takabur.
6. Suka berbagi  pada sesama.
7. Memiliki  qalbun salim. Apa qalbun salim itu. Yaitu  orang yang memiliki  spiritual  sangat tinggi, hatinya tenang tentram dan damai.

Orang yang sabar menurut Ibnu Sina memiliki nisfu syifa, orang denikian itu punya separuh obat kesembuhan, akhirnya  awet sehat. 

Jagalah hati janganlah kau kotori  jagalah hati lentera hidup  ini. 

Kegiatan selesai pada pukul 10.00 dan diakhiri dengan doa untuk  keselamatan kita semua agar seluruh  rangkaian program GP  berjalan lancar, BBGP semakin jaya.

Demikian catatan malam saya, Kesepian tanpa  kekasih  cukup sekian terima kasih. 


Jember, 15 Nopember  2022












3 komentar:

  1. Hebat dan luar biasa. Terima kasih pencerahannya, semoga kita termasuk golongan orang - orang yang pandai bersyukur.

    BalasHapus
  2. Sipp bopo...ilmunya yg didapat nanti dibagi2 lho

    BalasHapus