Senin, 05 September 2022

Hati yang tenang

Kadang dalam hidup ini tidak menutup kemungkinan  hati kita gelisah, ada dalam suatu masalah. Tidak bisa tidur. Saat itu kita memohon  pada Tuhan,  ya Allah aku hambamu, tolonglah  aku untuk  bisa istirahat  tenang, berilah aku bisa tidur. 

Orang kalau tidak bisa tidur semalam saja, maka berat badannya  turun, tubuhnya seakan melayang meriang,  bagaikan kapas ditiup angin tak ada kekuatan sama sekali.

Untuk  bisa tidur kita butuh  ketenangan hati ,  meletakkan  semua beban yang kita pikul di saat sadar.

Tahukah kamu orang yang paling tenang hidup di dunia, adalah ;
1. Orang yang hidup sewajarnya
2. Iklas menerima  kenyataan
3. Tidak memaksakan diri di luar kemampuan 
4 Tidak pernah dengki dengan   milik orang  lain
5. Berzikir.

Saya sejak lama belajar itu   entah sampai berapa yang aku dapatkan, tak ada angka yang pasti,  insyaallah saya merasa lebih dari 80 % hidup  saya tenang. 

Karena hidup sewajarnya  harta, atau jabatan  yang aku peroleh  mungkin tidak  sebanding  dengan orang-orang  kaya dan sukses  lainnya. 

Tapi nggak apa-apa,  saya ingin  tubuh saya sehat  bisa bekerja sampai tua  yang saya mampu.  
Bahwa saya suka kerja keras, itu iya,  melebihi batas wajar, pernah. Tapi berakhir  sakit. 

Ketika  kecil  saya memandang teman saya hidupnya  enak,  ekonomi  orang tuanya  mapan, rezekinya  banyak.  Ternyata  hidupnya  tidak berumur  panjang.  
Oleh karena itu  tidak usah memandang posisi orang lain. Mungkin Tuhan memberikan  anugrahnya tidak sekarang.  Tuhan sedang mempersiapkan anda pada posisi  yang lebih baik. Oleh  karena itu tugas kita memantaskan diri,  agar kita suatu saat pantas di posisi itu. 

Maka itu jangan "dibandingke, saing-saingke",  kalau anda sukses  tidak usah  dipamerkan,  tapi justru  banyak di "istighfari",  bukan saja pasti ada kekurangan dan salahnya, tapi orang yang banyak  membaca  istighfar  itu akan diberi  solusi  yang baik  dalam masalah hidupnya.

Jazad kita  ini punya keterbatasan, seperti kendaraan  ada batas maksimal  daya angkut  orang. Jangan memaksa diluar  batas kemampuannya agar kendaraan kita awet, agar tubuh kita awet.  Tuhan saja tidak membebani  seseorang  diluar batas kemampuanya.  

Innalloha la yughoyyiruma bi kaumin  hatta yughoyyiruma bi anggusihim.

Jangan dengki  dengan apa yang dimiliki  orang lain,  Tuhan telah membagikan  rezekinya kepada siapa  yang dikehendaki.  Ini hak ferogratif  Tuhan. Satu variabel yang tidak bisa dipengaruhi. 

Jika anda iklas menerima kenyataan,  setidaknya  Anda pasti diberi sakinah, ketenangan. Jika Anda berdoa  pasti  diberikan,  kalau  tidak didunia  pasti di akhirat. 
Kalau bisa  sedikit saja  yang diberikan  di dunia supaya  diakerat  bisa diberikan banyak. 

Yang terakhir  berzikir,  "ala bidzikrillahi  tat'mainul  klub". Dengan berdzikir  kepada Allah hati  menjadi  tenang.  

Wahai jiwa yang tenang,  kembalilah  pada Tuhanmu.

"Yaa Ayyatuhan Nafsul Muthmainnah, Irji'i ilaa rabbiki raa dhiyatam mardhiyyah, Fadkhuli fii 'ibadi, wadkhuli janaati"

Artinya:

"Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nya. Maka masuklah kedalam golongan Hamba-hambaKu. dan masuklah kedalam surga-Ku." (Q.S. Al-Fajr :27-30)

Yang demikian itu  termasuk  orang  yang beruntung. Semoga kita termasuk mereka yang beruntung,  katakan amin jika itu juga doa anda.


Magetan,  6 September  2022





11 komentar:

  1. Alhamdulillah..... matursuwun SDH diingatkan

    BalasHapus
  2. Matur suwun ....sampun diingatkan

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak Parti, saya merasa , penjenengan orang baik

    BalasHapus
  4. Masya Alloh Omjay, terima kasih sudah berkenan hadir. Senang rasanya mas Doktor

    BalasHapus
  5. Masya Alloh.... terimakasih bapak..
    Insya Alloh pak... demi kettenangan hidup.

    BalasHapus
  6. Terima kasih Bapak sudah diingatkan...Alhamdullilah dari kecil hobi saya tidur jdi setiap saat kepala direbahkan bisa tidur...🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oo iya nduk, bisa tidur pulas itu rahmat yang besar

      Hapus
  7. Masya Allah, merasa diingatkan kembali, terima kasih pak sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Terima kasih bu Gina yang baik hati

    BalasHapus