Jumat, 18 Maret 2022

Tulusnya persaudaraan

Melihat foto  ini saya terharu,  ketulusan  ,cinta,  kasih sayang  ada di sana. Ketiga anak ini masih bersaudara.  Anak laki laki yang  paling besar namanya Dilliar,  yang dipangku  itu namanya Hindun, adiknya.  Yang meliling  namanya Duta, keponakan saya. Mereka duduk  diatas kasur kapuk  randu yang sederhana.  

Foto itu  diambil  tahun 2003, rumahku  belum jadi, lantainya  masih batu merah.  Dindingnya  belum di cat. Plavonnya  tidak ada. 

Tapi perasaanku  betul betul bahagia,  dengan hadirnya  anak- anak lucu  disekitarku. 

Kalau pergi ke rumah neneknya  anak-anak  itu saya angkut pake sepeda motor  Shogun  , kendaraan  roda  dua yang lumayan  baik saat  itu. 

Sebelumnya  saya punya sepeda motor  Honda supercup , yang jelek,  tapi sangat irit  bahan bakarnya.  Sepeda motor  ini yang menemaniku  kemana  saja pergi berdinas  setiap  hari. 

Begitu  rumahku  berdiri tahun 1999. Kami betul-betul  mandiri,  makan seadanya  olahan istri , tapi  rasanya  nikmat  sekali. Saya merasakan  masakan mahal  hanya  kalau sedang penataran di hotel berbintang. 
Kebetulan  saya seorang  guru  yang banyak dipanggil  penataran sejak dulu  sampai sekarang. 

Kembali  kepada cerita  3 anak di atas.  Dilliar  sangat  menyayangi  adiknya,  hingga  pernah suatu  ketika kami tinggal  dibrumah neneknya untuk  suatu  keperluan,  adiknya menangis, kemudian diajak pulang  dengan  mengitari desa Bulu.  Adiknya  diboncengkan sepeda kecil, dituntun  jalan kaki  sekitar  4 KM. 

Setiap  orang memandangi dua anak kecil ini,  dengan perasaan terharu. Begitupun aku ketika mendengar  cerita  dari teranggaku.  Akhirnya  atas tanggung jawab ini  Dia saya beri hadiah  sepeda seharga  Rp. 500.000.

Ketiga  anak ini tumbuh menjadi pemuda yang gagah dan cantik. Dilliar punya usaha intertainmen,  Hindun masih kuliah di Kedokteran  Gigi, Duta  sebentar  lagi akan berangkat  ke Jepang.  

gambar:  Dilliar  jadi manten, dan Hindun baju hijau toska.

Saya berharap  semuanya  bisa mencapai  cita-cita nya masing dan yang lebih penting  lagi  tetap bersaudara,  cinta,  kasih sayang, tulus,  seperti  ketika mereka  masih kecil seperti  yang ada di foto  tersebut.






3 komentar: