Selasa, 02 Agustus 2022

PMM, Platform Merdeka Mengajar

Seperti biasa  , selepas sholat subuh di Masjid,  saya pulang kemudian membaca Al Qur'an.  Selepas itu membaca WA,  mungkin ada perintah atau info  penting dari pimpinan.

Betul juga, ada WA dari Bapak Pengawas.  Isinya adalah himbauan kepada Bapak Ibu Guru  untuk  Memanfaatkan  platform  merdeka mengajar. 

"Yth. Bapak, Ibu pengawas, tolong betul2 dicek pastikan guru sdh aktivasi  pada platform merdeka belajar. Ini barusan ditlf Ka. BPPMP mgt msh rendah, dan rencana BPPMP akan datang di mgt minggu ini guna memantau dan memandu bagi sekolah yg blm aktifkan akun. Tolong utk di TL.".

Kemudian perintah itu diturunkan oleh pengawas:

"Bapak ibu KS, WA tersebut dari pak kadin. Mohon bapak ibu mendata guru yang sudah aktifasi dan yang belum dengan mengisi format yang akans egera dikirim.  Dan setelah diisi mohon bantuannya untuk dikirim kembali lewat WA sebagai laporan ke dikpora. Suwun."

Dari WA itu saya teruskan pada Bapak Ibu Guru  dan besuk pagi saya akan mengecek satu persatu. 
Bagi Guru  yang belum aktivitas PMM, hari ini saya himbau untuk  memastikan  diri bahwa sudah aktivasi.  

Besuk pagi akan saya ajak belajar  bersama  memanfaatkan  PMM.
Sebenarnya  saya sudah percaya penuh,  Guru guru sudah memanfaatkan  PMM, tapi saya belum mengecek satu persatu.  Saya hanya mengecek  secara acak. Maka  besuk pagi saya akan pastikan  mengecek satu persatu. 

Bagi yang sudah diarahkan untuk  semakin luas dalam  mengeksplorasi,  Bagi yang belum akan didakan edukasi , hingga bisa  semuanya. 

Saya tidak hanya  melaporkan  yang sudah dan yang belum  memanfaatkan,  tapi saya akan memastikan bahwa 100 persen Guru  sudah memanfaatkan  PMM itu.

Oo iyya apa itu PMM?
PMM  adalah Platform merdeka  mengajar yang  di lounching  oleh Kemendikbud Ristek yang isinya adalah  edukasi  kepada Guru,  Kepala  sekolah  untuk  memahami kurikulum  merdeka mengajar. 

Dengan kecanggihan  aplikasi ini  sebenarnya  Guru  tanpa ikut  diklat,   jika mempelajari  dan mengikuti  petunjuk  platform  ini akan bisa memahami  dengan jelas,  disana ada vidio edukasi,  ada penjelasan  deskriptif ada refleksinya  ada postesnya.  

Hebatnya  lagi di aplikasi  ini akan terdeteksi  apakah seorang  guru sudah memanfaatkan  platform  ini atau belum.  Tidak sekedar aktivitas, tapi juga sudah memanfaatkan  atau belum.

Apa yang dibutuhkan  Guru  kaitannya  dengan pelaksanaan  kurikulum  merdeka  sudah lengkap di sana. Tinggal kemauan  ada atau tidak. 
Perangkat  Ajar, buku ajar, RPP, pelatihan mandiri,  cerita  cerita yang menginspirasi dan lain-lain  ada di sana. 

Mari sahabat  Guru  kita semangat  belajar.  Bukankah  kita selalu mengajarkan pada anak-anak  bahwa belajar  itu seumur  hidup,  sejak di ayunan hingga masuk liang lahat. 

Terus semangat  jangan lelah  belajar demi anak bangsa  ini. Jika Anda lelah  karena bekerja dan belajar  justru  anda akan puas . Sebab Imam Syafii  pernah berkata  , "lelahkan dirimu  akibat berkarya,  sebab itulah cara menikmati  hidup".

Demikian diskusi kali ini, semoga bermanfaat. 

Magetan, 3 Agustus  2022





13 komentar: