Jumat, 12 Agustus 2022

Komunitas "Mandi Keringat"

Beberapa hari ini saya terus terang merasa bingung kaitannya  dengan tubuhku yang semakin melar. Lebih lebih dibulan seperti ini,  bulan Suro, banyak undangan  "slametan", akhirnya  porsi makannya  sering tidak normal. 

Saya memutuskan harus olah raga, awalnya memilih  bersepeda,  tapi itu hanya bisa dilakukan  kalau hari Minggu. Sebenarnya  menyenangkan  juga, sambil  melihat pemandangan alam desa yang penuh dengan tanaman dan pepohonan  hijau, bisa menyegarkan  mata.

Saya tambah  dengan jalan  pagi,  tapi sering kali  tidak bisa disiplin karena jam 06.00 saya harus menyiapkan diri  untuk  ngantor. 

Akhirnya  saya memilih  tenis meja.  Olahraga  ini yang paling saya  senangi, karena  bisa ketawa,  mandi keringat dan tidak terlalu memacu kerja jantung.  Bahkan dengan Olahraga  ini jantung  kita bertambah  kuat.

Saya bergabung  di Sugihwaras, dengan Mas Urip  dkk. Ada sekitar  10 orang  yang  tergabung  dalam komunitas  ini,  rata-rata mereka sudah pensiun. Tapi saya salut  mereka orang-orang  yang peduli  dengan kesehatan  badannya. 

Di sini tenis meja dilaksanakan sore hari antara  pukul 15.30 hingga pukuln17.00. Seminggu  tiga kali, tiap hari Selasa, Jumat dan Minggu.  Dengan tiga kali seminggu saya pikir  sudah cukup.

Kesehatan  itu memang mahal  nilainya,  kalau kita tidak sehat  maka acaranya  adalah  berobat,  atau upaya  penyembuhan. Tidak bisa kerja, tidak bisa cari uang.  Tapi kalau  sehat,  kita bisa kerja,  makan enak, tidur  nyenyak. 

Untuk  itu diusia  50 tahun keatas  olahraga  itu penting. Untuk  menjaga stamina  tubuh kita  agar tetap sehat. Biasanya  kita semua  itu sakitnya  karena kurang gerak,  bukan kurang gizi, kurang vitamin. Tapi sekali lagi kurang gerak  atau olah raga. 

Pilihlah olah raga yang anda sukai.  Yang penting  berolah raga,  jangan sampai  tidak olah raga , makan bergisi maka kolesterol  cenderung  naik.  

Dari pada hidup ketergantungan  dengan obat di usia  tua, lebih baik  olah raga  sejak dini.

Semoga kita semua  diberikan  kesehatan  , sehingga  bisa beraktivitas  positi,  berkarya  nyata untuk  sesama. Merdeka !!!!




3 komentar:

  1. Salam sehat mas Dail Ma'ruf, terimakasih

    BalasHapus
  2. Wah tenis meja
    Permainan olah raga saat saya remaja nonton doang tapi Kaka saya yang main hehe

    BalasHapus