Senin, 25 Juli 2022

Manembah

Hari ini usia saya 56 tahun , semoga bertambah terus  sesuai dengan kehendak Allah. 5 sama dengan  lima= ma. 6 sama dengan nem . Kalau  di rangkai manem-bah.  Bah bertambah.  Di usia seperti itu sudah sepantasnya seorang hamba Allah berfikir  bahwa sudah saatnya manembah dengan khusuk wal kuduk, dengan ikhlas dan ihsan.

Alhamdulillah  Allah  menganugrahkan usia yang panjang  pada saya. Yang memvuat hati ini terharu adalah   orang-orang  di dekat  saya mengucapkan selamat  ulang tahun.  Istri saya sejak bangun tidur  menciumi  saya, mendoakan dengan untaian kata- kata yang panjang memeluk erat dan membisikkan kata kata terbaiknya. 

Anak saya Intan ternyata  yang paling sibuk,  pagi belanja  ke pasar,  setelah itu  memasak,  membuat  nasi tumpeng  lengkap  dengan lauknya.  Semuanya  untuk  meriahkan  HUT  saya. Selesai  perayaan sederhana  itu,  Hindun  yang di Surabaya  telpon mengucapkan  HUT, sambil mewek  mewek. Wajahnya  memerah entah apa yang didiskusikan  di hatinya.

Mengucapkan  kata-kata  doa  yang panjang  untuk kesehatan  saya, usia saya, rezeki  dan keberkahan  lainnya. 

Teman-teman  guru  SMP 2 Karangrejo,  juga seperti  itu menjabat  tangan  saya  sambil tersenyum dengan doa  dan harapan,  semuanya  untuk  kesehatan  dan kebaikan  saya.

Teman-teman  MKKS SMP juga seperti  itu mendoakan  untuk  kebaikan  saya  dan juga  teman-temanku  semasa SMP 1 Maospati, semuanya  mendoakan untuk  saya.

Murid murid  saya  SMP 2 Karangrejo  juga mendoakan  saya, tapi laki- laki semuanya.  Mereka  saya peluk.  Ada beberapa  anak  itu tadi pagi  kerja keras luar biasa,  ikut  Bapak Ibu Guru menyiapkan  gedung sekolah  yang akan di rehab. 

Saya jadi terharu,  begitu banyaknya orang-orang yang menyayangi saya. 

Belum yang telpon  secara pribadi  walaupun sekedar  mengucapkan kata selamat. 

Saya mengucapkan terima kasih  atas perhatian  dan doanya  semoga  kalian semua  selalu dijaga Allah, dengan rahmatnya, dengan Rohman Rohimnya. 

Hari ini saya juga memberikan materi  belajar menulis pada guru- guru di daerah Gresik. Jam 13.30 mulai, sampai dengan 16. 30. WIB.

Sampai jam 17.00 belum istirahat. 
Tadi di zoom  saya menyampaikan, mengutip apa yang disampaikan  Imam  Syafii,  "letihkan dirimu  akibat berkarya,  sebab  itulah cara  menikmati  hidup." 

Saya belum  letih, apalagi  lelah,  asalkan  sehat masih dikandung badan  tetap berkarya dan  berbagi,  untuk siapa saja  yang membutuhkan.  

Hari ini memang hari yang spesial  buat saya dan SMP 2 Karangrejo,  dapat rehab  gedung.  Semoga nanti selesai  tepat waktu,  hasilnya baik,  yang mengerjakan selamat  dan yang menempati  juga selamat.  
Sejak 3 tahun yang lalu  tidak dapat rehab  gedung,  alhamdulillah  sekarang  mendapatkan  giliran  untuk  diperbaiki. 
Semoga  kedepan semakin baik,  nyaman  sehingga  anak rindu belajar,  rindu sekolah  karena  sekolahnya  sudah ditata  indah. 


Magetan,  25 Juli 2022

7 komentar:

  1. selamat ulang tahun pak kyai, semoga panjang umur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih OmJay, doa yang sama untuk penjenengan sekeluarga

      Hapus
  2. Selamat ulangtahun bapak suparno, semoga panjang umur dan selalu di berikan kesehatan..aamiin

    BalasHapus