Kamis, 13 Agustus 2020

Membangun Indonesia melalui dunia pendidikan dengan pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan menyenangkan

 

Oleh : Suparno., S.Pd.,M.Pd.

Pendahuluan

Tahun pelajaran baru, dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020, sejak Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kampus perguruan tinggi menggunakan metoda daring (dalam jaringan) alias online sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coronavirus disease (Covid-19, maka anak anak belajar  dari  rumah  atau BDR. Oleh karena itu pembelajaran melalui  jaringan merupakan  pilihan yang tidak bisa ditawar.

Pengertian pembelajaran dalam  jaringan yang efektif dan menyenangkan

Pembelajaran dalam jaringan adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan  teknologi  Internet yang dirancang sedemikian rupa  sehingga terjadi proses belajar  mengajar. 

Pada tahun 1996 saya mengajar  komputer,  saya mengatakan  kepada  murid murid saya , "suatu  saat  nanti  pengetahuan guru  akan disalip oleh  muridnya".

Siapakah  profil  guru  yang  disalip? Adalah  mereka  yang  tetap berada pada kelas konfensional,  mereka  tidak mau  melakukan  perubahan,  mereka  tidak  mau  belajar. Mereka mengajarkan  seperti  apa yang diterima 25 tahun yang lalu, sedangkan dunia  sudah berubah pesat. Jadi di  dunia ini  kalau  ingin  terdepan harus melakukan perubahan dan  belajar  terus tiada lelah dan tiada henti.

Siapakah mereka? Mereka adalah anak muda  yang semangat,  pandangan matanya jauh kedepan. Mereka punya mimpi  yang besar, padahal sedikit  tidurnya. Mereka memiliki energi  belajar  yang  melampaui orang  pada keumumannya.  

Anak  muda  seperti  inilah  yang  suatu  saat  akan menyalip  guru-gurunya. Mereka  terbang tinggi sementara  yang lain tidur pulas. Mereka  lari  kencang,  sementara  yang lain  jalan santai  sambil  menyalakan api  rokoknya.

Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Adalah pembelajaran  yang dilakukan dalam waktu  yang singkat  tapi hasilnya  maksimal dan disetting dalam suasana yang menyenangkan. Menurut  psikologi,  Sesuatu  yang menyenangkan cenderung  untuk  diulang kembali. Demikian juga  pembelajaran yang menyenangkan  akan senantiasa  diulang kembali sehingga  merupakan  mata rantai kedahsyatan belajar.

Dryden dan Voss (1999) mengatakan bahwa belajar akan efektif jika suasana pembelajarannya menyenangkan. Suasana yang menyenangkan dan tidak disertai suasana tegang sangat baik dan mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Hambatan 

1. Kejenuhan

Corey (Cherniss, 1980) mendefinisikan kejenuhan belajar  sebagai suatu keadaan kelelahan fisik, mental, sikap dan emosi individu atau pekerjaan karena  keterlibatan yang  intensif  dengan  pekerjaan dalam jangka waktu yang panjang.

anak yang belajar dalam kondisi jenuh   tidak dapat belajar dengan baik.

2. Masalah 

Siswa yang bermasalah tidak bisa  belajar  dengan baik,  mereka melakukan dengan terpaksa , ketika  melakukan kegiatan  belajar  dia  memikirkan  tentang  masalahnya  sehingga  tidak bisa fokus  atau konsentrasi.

Upaya mewujudkan pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan  menyenangkan

1. Melibatkan siswa secara aktif

Siswa yang dilibatkan  secara aktif  dalam pembelajaran  akan membuat  tidak  ngantuk,  merasa diorangkan, maka akan tumbuh  semangat belajar.

Dalam  pembelajaran  daring bisa  dipilih  program  daring  yang simple  tapi  bisa  melibatkan  keaktifan  siswa.

Di sekolah  saya,  memakai  program  moodle. Program ini  memungkinkan  guru  untuk  mengunggah   materi,  mengungah  soal tes, dan siswa  mengerjakan tes, dinilai  di situ,  guru  memberikan  komentar. Siswa memberikan komentar,  bisa  bertanya  dan diskusi  di situ. 

Gambar ilustrasi : dokumen pribadi

Dalam program moodle kepala sekolah  juga bisa mengakses. 

Sehingga  bisa mengetahui  guru  yang aktif  dan tidak  aktif.  Juga bisa mengetahui  siswa  yang  aktif atau tidak  aktif.

2. Menumbuhkan minat dan perhatian siswa

Dengan jenis soal  yang bisa  dikerjakan di situ,  siswa merasa tertarik  dan langsung mendapatkan  nilai  di situ , sehingga  minatnya akan  tumbuh.


Gambar Ilustrasi : dokumen pribadi

3. Menciptakan  suasana  pembelajaran yang menyenangkan.

Dalam program  daring yang efektif  ini  juga bisa  ditautkan  dengan youtube,  dipilihkan materi yang menyenangkan. 

4. Variasi  metode pembelajaran

Dengan ditautkan  ke youtube  maka variasi  metode,  pendekatan pembelajaran dan sebagainya  bisa sangat  bervariasi. 

5. Pastikan  anda menguasai  strategi pembelajaran dalam jaringan.

Sebagai guru  anda  dituntut menguasai  IT yang merupakan  basisnya ilmu  pengetahuan.  Apabila  anda menguasai  IT,  maka anda akan tahu apa saja, konsep  ini  harus disampaikan ke siswa. Sekarang  banyak  orang sukses  karena memiliki  basis  pengetahuan  IT  yang hebat. Di dunia  ini  orang terkaya  adalah  orang  yang punya  bisnis  di bidang IT. Siapakah? Bill Gate. Bapak Mendikbud kita adalah  tokoh  yang  berbisnis  dengan berbasis  IT, Go jek, yang omsetnya mencapai 34 Triliyun.

Penutup 

Pembelajaran dalam jaringan  yang efektif dan menyenangkan  dapat menjadi  media  untuk membangun  Indonesia, Untuk itu harus diupayakan bersama secara holistik agar dapat tercapai maksimal.

Magetan,  16 Agustus  2020

 

Sumber bacaan :

Rinarahmatika55.blogspot.com: 12 Agustus  2020: 20.15

 

 




127 komentar:

  1. Maaf peserta lomba blog nomor 12

    BalasHapus
  2. Terima kasih Omjay yang baik hati

    BalasHapus
  3. Setuju bapak...menjadi guru di era digital harus kreatif. Banyaknya masalah yang muncul pada saat pembelajaran daring selama BDR sebenarnya lebih disebabkan oleh guru yang kurang kreatif dalam mengolah ide, mengembangkan media, dan mengembangkan metode sebagai strategi dalam pembelajaran. Ayo rekan-rekan guru terus berkarya dan berinovasi dalam mewujudkan anak-anak Indonesia yang unggul. Semangat !!!

    BalasHapus
  4. Kreativitas menjadi tuntutan agar pembelajaran tidak membosankan

    BalasHapus
  5. Sebagai seorang pendidik memang harus selalu berinovasi agar tidak ketinggalan. Setuju sekali bapak...dengsn apa yang bapak tuliskan.

    BalasHapus
  6. Okey banget, selamat berkreativitas dalam dunia educatif

    BalasHapus
  7. Mantap pak...
    Guru dituntut melek IT...
    Semoga sukses nggih pak...

    BalasHapus
  8. setuju bapak....Kita harus membiasakan bersahabat dengan pembaharuan untuk kemajuan, kreativitas dan inovasi terutama dalam hal IT baik tua maupun muda di masa sekarang ini kita sambut dengan tangan terbuka, kita jadikan kompetisi yang sportif demi meningkatkan profesionalisme kerja... semangat

    BalasHapus
  9. Keren pak memang harus seperti itu tetap belajar yang baru tanpa meninggalkan yang lama yang baik

    BalasHapus
  10. Metode pembelajaran yang sangat bagus di era digital, dimana semua orang sudah menggunakan gadget

    BalasHapus
  11. Jangan pernah berhenti untuk menulis karena menulis untuk mengabadikan kehidupan...

    BalasHapus
  12. Semoga menginspirasi untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif di era pandemi covid.

    BalasHapus
  13. Kita membutuhkan IT skill bagaimanapun juga di jaman seperti ini, bermanfaat sekaliπŸ‘

    BalasHapus
  14. Mantap Pak tulisannya, semangat berinovasi di tengah pandemi

    BalasHapus
  15. Mantul,bagus, teruskan berkarya p. Parno. Semoga sukses. Aamiin

    BalasHapus
  16. Masyaa Alloh keren pa, ada hikmah di balik covid, guru jg lbh melek IT

    BalasHapus
  17. Masyaa Alloh keren pa, ada hikmah di balik covid, guru jg lbh melek IT

    BalasHapus
  18. Diera daring guru memang tidak boleh gaptekdan memang harus tetap belajar .seperti yg di ungkapkan oleh Einstein yang menyatakan Jika kita berhenti belajar maka kita mulai sekarat

    BalasHapus
  19. Semangat terus bapak .. Maju terus pantang mundur .. Sebagai seorang guru memang selayaknya kita senantiasa meningkatkan kemampuan supaya mampu mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman .. Cepat beradaptasi terhadap perubahan dan mampu berinovasi mencari celah dalam membimbing anak-anak .. Bukankah sekian persen tunjangan sertifikasi seharusnya diperuntukkan untuk meningkatkan profesionalisme kita sebagai guru ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul setuju banget, malu rasanaya gaji yang tinggi kalau tidak disertai pelayanan yang maksimal pada anak

      Hapus
  20. Dulu, yang tidak kita prediksi ternyata akan terjadi di masa mendatang dan itu terbukti di jaman sekarang. Kita tidak pernah membayangkan bahwa dunia akan bergulir begitu cepat, perubahan2 terjadi dalam hitungan detik oleh sebab itu sebagai seorang pendidik harus bisa menyiapkan anak didik untuk menghadapi tantangan perkembangan dunia seperti saat ini.
    Terima kasih bapak sangat menginspirasi sekali
    Sukses selalu bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih , kita harus menyesuaikan diri pada situasi yang serba tidak pasti

      Hapus
  21. Luar biasa Pak semangat saya suka.smg bermanfaat

    BalasHapus
  22. Saatnya guru meningkatkan kemampuan IT. Mantaf ..

    BalasHapus
  23. Ambil hikmah dari adanya covid 19..
    Guru banyak belajar berbagai inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
    Bagaimana mengondisikan anak bisa tetap semangat belajar mandiri
    Dengan segenap doa semoga bencana segera pergi dari muka bumi ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin doa yang baik semoga Allah berbelas kasihan pada kita

      Hapus
  24. Semanggat terus Dik...tetap menjadi motivator untuk kita semua.yg sanggat bermanfaat apalagi di saat pandemi seperti ini...sekali lagi semanggat....

    BalasHapus
  25. Metode SDH bagus tapi Krn pandemi anak sdh terlalu lama dibrumah pembelajarannya mhn diselingi bermain Krn biar anak tdk jenuh atau merasa tertekan....

    BalasHapus
  26. Metodenya sudah bagus cuman karena pandemi anak sdh terlalu lama di rumah mohon ada selingan bermainnya dlm belajar shgbanak tdk mudah bosan dan tdk merasa tertekan.....

    BalasHapus
  27. Yaaa... Kepala sekolah dan guru harus bersinergi dalam memberikan layanan kepada siswa. Apalagi dalam pandemi Covid-19. Bahkan komunikasi dan sinergi juga dengan orang tua...
    Tokoh masyarakat juga perlu melakukan tindakan nyata saat anak masa sekolah daring tapi mereka keluyiryan atau bermain....
    Bagus... mati kita perkuat sinergi ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Pak Prapto, nanti ditindak lanjuti

      Hapus
    2. terima kasih Pak Prapto, nanti ditindak lanjuti

      Hapus
  28. Kreatif, keren, terus semngat dan semoga selalu sukses njih

    BalasHapus
  29. Guru mmg harus selalu update agar bisa menyesuaikan dengan medan apapun dan bagaimanapun. Sangat menginspirasi πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  30. Okey luar biasa P parno tetap semangat ,semoga beanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  31. Sangat setuju. Belajar terus tidak mengenal umur. Tidak ada sesuatu yang sulit asalkan selalu berusaha.

    BalasHapus
  32. Diera covid sekarang ini memang guru dituntut harus kreatif , inovatif , dan menyenangkan sehingga anak tidak bosan dan materi bisa sampai ke siswa

    BalasHapus
  33. Mantap bapak, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  34. Sangat bermanfaat bagi kita semua,bagus banget pak artikelnya

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Ok....good job..succes for your Mr.Suparno..

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Artikelmya sangat bagus .. Bisa mengispirasi..Artkel tersebut menjawab tantangan agar guru srlalu berinovasi agar proaes pembelajaran tidak membosankan

    BalasHapus
  39. Profesi guru merupakan profesi yang kompleks, yang mempunyai beban tanggung jawab dalam menghantarkan generasi penerus bangsa menuju gerbang keberhasilan.sebagai guru harus bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar serta perkembangan kemajuan teknologi pada saat ini,mengarahkan peserta didik untuk lebih bijak dalam menggunakan kemajuan teknologi tersebut.maju terus bapak dan tetap semangat dalam berkarya..

    BalasHapus
  40. Inspirasi bagi kita semua untuk meningkatkan kemampuan di bidang teknologi demi kemajuan bangsa.
    Mari terus belajar dan berkarya.

    BalasHapus
  41. Teruslah berkarya meskipun dalam bentuk tulisan....menjadi sesuatu yang berguna saat ini lebih di butuhkan.....semoga karya karya bapak menjadi inspirasi bagi kita semua.....

    BalasHapus
  42. Bagus! Setuju sekali Mas KS. Sebagai guru kita memang harus mengikuti zaman. Meski agak tertatih-tatih, kita harus tetap tegap menyambut perubahan demi anak-anak didik kita.
    Salam sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun Mas Doktor, dongo dinongo mugi pinaringan sehat kuat slamet dimanapun bumi dipijak

      Hapus
  43. selalu menjadi inspirasi dan sebagai penyemangat kami...inovasi harus terus maju tidak boleh berhenti ditempat dan tidak memandang usia..semangat bapak...

    BalasHapus
  44. Luar biasa bapak parno... semangat semoga bermanfaat bagi kita semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sahabatku, maaf namanya tidak muncul saya tidak bisa menyebutnya

      Hapus
  45. Kepala Sekolah ygng luar biasa, tulisan ini bisa memotivasi guru untuk berubah, untuk memanfaatkan IT dlm pembelajaran secara kreatif,IT kreatif meningkatkan motivasi belajar siswa secara daring, selamat berinovasi bapak KS, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, pasti ini dari sahabatku yang baik hati

      Hapus
  46. Kehidupan adalan sebyah sebab d akibat .Tak ubahnya adanyq civid yg melanda Dunia. Maka peran serta Pendidikan adlah tombak utk memajukan bangsa. Kita nau tdk mau dipaksa dgn hadirnya covid utk beralih ke pembelajaran daring ( dalm jaringan ). Semua juga tdk lepas dr Teknologi. Ayo sahabatku bpk.Suparno teruslah berjuang memajukan anak didik bangsa biar kita jngan ketinggalan dgn negara lain. Pendidikan adalah utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Niken, sahabatku yang baik hati

      Hapus
  47. Kereen, guru profesional harus melek IT, diera pandemi ini penggunaan IT sangat membantu kelancaran proses pembelajaran, guru-guru hebat yg paham IT sdh pastitidak akan mengalami kendala.......IT sekarang merupakan tuntutan dan kebutuhan.

    BalasHapus
  48. Pandemi menuntut semua terutama untuk bisa memanfaatkan IT, walaupun awalnya terpaksa tapi akhirnya bisa, luar biasa IT SMPN 1 Takeran melaju pesat semoga semakin jayaπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bu Tri, ini saya pesankan AC, dan mejanya nanti baru semua

      Hapus
  49. Salah satu alternatif untuk pembelajaran jarak jauh, agar siswa dan guru tidak merasa jenuh. Inovasi dan metode harus selalu berubah sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sukses selalu pak Parno, terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pake Andro, doa yang sama katur penjenengan sekeluarga

      Hapus
  50. Siiip,,,kreatif bgt pak guru lanjutkan dan sukses selalu

    BalasHapus
  51. Semoga menjadi generasi yg berkembang kreatif inovati dan menjadi penerus bangsa dan negara semoga murid nya bisa menjadi lebih baik

    BalasHapus
  52. Alhamdulillah bapak...mudah- mudahan bisa memberi dan menambah semangat pada para guru untuk tetap kreatif dalam mencerdaskan anak-anak bangsa,walau dalam situasi dan kondisi seperti apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin semoga situasi segera berubah kearah yang baik

      Hapus
  53. Keren, kreatif dan sebuah prestasi yang positif saat pandemi

    BalasHapus
  54. Betul sekali pak, sistem PJJ yg dialami peserta didik saat ini sangat menggugah kita para guru untuk lebih menggali kemampuan dan kreativitas dalam menyampaikan pembelajaran yg lebih asyik dan menyenNangkan melalui teknologi yg sedang berkembang. Meski banyak juga kendala-kendala yg dialami peserta didik, orang tua dan tenaga pendidik dalam hal ini. Diharapkan dengan karya indah bapakku yg super inpiratif ini mampu meningkatkan motivasi kita ditengah pandemi saat ini untuk terus belajar....belajar....dan belajar.....

    BalasHapus
  55. Your article is very good. It can encourage others, good job

    BalasHapus